alexametrics

Optimalkan Sektor Pariwisata, Pemkot Surakarta Berikan Layanan Mobil Listrik

RR Ukirsari Manggalani
Optimalkan Sektor Pariwisata, Pemkot Surakarta Berikan Layanan Mobil Listrik
Mobil listrik bantuan dari Tahir Foundation tiba di Balai Kota Surakarta, Senin (27/9/2021) [ANTARA/Aris Wasita].

Salah satu rute yang dilewati mobil listrik ini adalah Kampung Batik Laweyan.

Suara.com - Pemerintah Kota Surakarta menambah pelayanan untuk mengoptimalkan sektor pariwisata lokal dengan menghadirkan mobil listrik. Demikian dikutip dari kantor berita Antara.

"Mobil listrik ini baru datang empat unit, minggu depan akan datang lagi," jelas Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Solo, Senin (27/9/2021).

Terkait dengan operasional mobil listrik bantuan dari Tahir Foundation ini, Dinas Perhubungan Kota Surakarta sudah membuat rutenya.

Perajin Batik Tulis di Kampung Batik Laweyan, Solo, Jawa Tengah. [Suara.com/Ari Purnomo]
Perajin Batik Tulis di Kampung Batik Laweyan, Solo, Jawa Tengah. Sebagai ilustrasi, diabadikan sebelum pandemi COVID-19 [Suara.com/Ari Purnomo]

"Dari Dinas Perhubungan juga sudah membuat rutenya, untuk keliling Kota Solo, tempat-tempat wisata naiknya itu," jelas Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: Kebutuhan Patroli, Polisi Michigan Gunakan Mobil Listrik Ford Mustang Mach-E

Adapun kawasan yang disasar untuk rute mobil listrik wisata di Surakarta di antaranya Kampung Batik Kauman dan Kampung Batik Laweyan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta Hari Prihatno mengatakan terkait rute mobil listrik nantinya akan menempuh jarak pendek. Sedangkan terkait operasional untuk wisatawan, akan mengadopsi Bus Tingkat Pariwisata yaitu dengan sistem tiket.

"Peluncurannya nanti sekitar pekan kedua Oktober 2021. Mobilnya yang pasti untuk jarak pendek, kami sudah mulai melakukan koordinasi dengan Asita terkait rute dan operasionalnya," pungkas Hari Prihatno.

Komentar