alexametrics

Satgas Prokes Bertugas di PON XX 2021 Papua, Ini Mobil Komunikasi Satelit BNPB

RR Ukirsari Manggalani
Satgas Prokes Bertugas di PON XX  2021 Papua, Ini Mobil Komunikasi Satelit BNPB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito (baju putih) meninjau mobil komunikasi (Komob) di Posko Subsatgas Kota Jayapura, Rabu (29/9/2021). (ANTARA/HO-BNPB)

BNPB fasilitasi mobil komunikasi berteknologi satelit untuk Satgas di Papua.

Suara.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan dukungan kepada Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Prokes) selama penyelenggaraan PON XX Papua berupa armada mobil komunikasi (Komob) berteknologi satelit. Tampilannya mirip kendaraan komersial minibus, dengan bagasi dimodifikasi untuk menampung peralatan komunikasi canggih.

Dikutip dari kantor berita Antara, armada fasilitas dari BNPB ini berfungsi memfasilitasi komunikasi selama pekan olah raga sebangsa Indonesia itu berlangsung.

"Dukungan tersebut dikerahkan menuju Posko Subsatgas Kota Jayapura sejak Selasa (28/9/2021)," jelas Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdu Muhari dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (30/9/2021).

BNPB melalui Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan menurunkan personel teknis untuk memastikan jaringan komunikasi di lokasi penyelenggaraan PON XX berjalan baik, khususnya di Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Baca Juga: Kunjungi Pabrik Wuling, Pemerintah Mendukung Industri Memasuki Era Mobil Listrik

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) berbincang dengan salah satu awak bus dalam kunjungannya di Papua, pada Sabtu (25/9/2021) [Kementerian Perhubungan].
Bus dan pengemudi bus di PON XX, tampak Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) berbincang dengan salah satu awak bus (25/9/2021). Sebagai ilustrasi pengadaan kendaraan darat dan sarana transportasi saat berlangsung PON dan Peparnas [Kementerian Perhubungan].

Adapun awal pengadaan dukungan mobil komunikasi teknologi satelit itu berawal dari informasi mengenai jaringan komunikasi yang kurang stabil. Situasi ini berpotensi menghambat koordinasi dalam mengoptimalkan kegiatan di lapangan terkait protokol kesehatan atau prokes selama gelaran PON XX Papua.

"Dukungan yang dapat diberikan komob, antara lain mendukung jaringan internet posko dan membantu kelancaran komunikasi antara posko dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura, serta instansi lainnya dengan menggunakan frekuensi radio," kata Abdu Muhari.

Dengan penggunaan frekuensi radio ini mampu mempermudah koordinasi dan transfer data kepada BPBD, khususnya di Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) atau pemangku kepentingan lain.

"Oleh karena itu, pengerahan Komob berteknologi satelit ini diharapkan dapat menunjang kebutuhan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) di berbagai situasi bencana," lanjutnya.

Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB mengupayakan kehadiran Komob dalam setiap kejadian bencana maupun acara yang membutuhkan dukungan komunikasi seperti PON XX Papua guna mengantisipasi kendala komunikasi yang bisa terjadi di lapangan saat jaringan internet atau sinyal komunikasi selular terganggu.

Baca Juga: BMW Produksi ICE Sampai Infrastruktur Mobil Listrik Benar-Benar Siap

Komentar