alexametrics

Sukses Touring Jakarta-Mandalika, Sepeda Motor Listrik BL-SEV01 Raih Data Baru

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Sukses Touring Jakarta-Mandalika, Sepeda Motor Listrik BL-SEV01 Raih Data Baru
Perjalanan BL-SEV01 mengumpulkan data selama perjalanan Jakarta - Mandalika rampung dengan catatan membanggakan [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Pencapaian menguji jarak dan pengisian ulang (recharging), sampai data penting pengembangan.

Suara.com - Universitas Budi Luhur sukses melakukan uji coba test ride motor listrik Budi Luhur – Sport Electric Vehicle 01 atau BL-SEV01. Menempuh rute Jakarta–Mandalika, banyak informasi serta data baru diupdate dari kendaraan terelektrifikasi buatan putra bangsa ini.

Perjalanan BL-SEV01 menempuh jarak sejauh 1.340 km berhasil memberikan data dan informasi baru yang bisa digunakan untuk menghadirkan kendaraan listrik yang jauh lebih bertenaga, lebih jauh menempuh lintasan dengan sediaan baterai listrik, serta daya tahan lebih baik di masa depan.

Hal ini tidak terlepas dari kemampuan BL-SEV01 yang sudah teruji mampu menghadapi berbagai kondisi jalanan dan cuaca dengan baik tanpa ada kendala yang berarti. Serta bisa menyelesaikan tantangan touring Jakarta-Mandalika dengan baik.

Perjalanan BL-SEV01 menempuh jarak sejauh 1.340 km dari jakarta ke Mandalika di Lombok Tengah [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Perjalanan BL-SEV01 menempuh jarak sejauh 1.340 km dari jakarta ke Mandalika di Lombok Tengah [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono S.T., M.T., mengungkapkan, perjalanan touring Jakarta-Mandalika bukan sekadar ajang pembuktian bagi BL-SEV01 sebagai sebuah kendaraan listrik buatan dalam negeri yang tangguh, bertenaga, serta bisa digunakan di jalan raya dengan baik.

Baca Juga: Dukung Program Sepeda Motor Listrik, PLN Membangun SPLU di Banjarmasin

"Kami juga membutuhkan data, informasi, serta pengalaman yang benar-benar bisa didapatkan dari lapangan secara langsung," jelas Sujono, di Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan, Selasa (12/10/2021).

"Seluruh kejadian dan masukan yang ada selama perjalanan kami kumpulkan dan akan kami olah lebih jauh lagi, sehingga diharapkan kami bisa menghadirkan kendaraan listrik lainnya yang lebih tangguh, bertenaga, dan memiliki daya tahan lebih baik dari kendaraan-kendaraan yang sudah kami kembangkan selama ini," tambahnya.

Spesifikasi BL-SEV01 yang digunakan touring Jakarta-Mandalika ini dilengkapi motor listrik BLDC 96 volt. Tenaga maksimal mencapai 16 kW, didukung baterai 48Ah dan controller 96 volt 200 Ampere.

Catatan resmi pihak Universitas Budi Luhur menunjukkan BL-SEV01 sanggup melaju hingga 140 km untuk sekali pengisian baterai dengan durasi recharging empat jam.

Kemudian sektor tampilan, BL-SEV01 dirancang model motor sport yang gagah bergaya cafe racer sporty dan menarik perhatian.

Baca Juga: Tips Melewati Jalan Berbelok Saat Touring Motor, Nomor 9 Antisipasi Kendaraan Berlawanan

Dengan dirampungkannya perjalanan touring Jakarta-Mandalika, BL-SEV01 menjadi sepeda motor buatan mahasiswa pertama yang melakukan perjalanan terjauh sampai saat ini.

Hal ini menunjukkan kualitas civitas Universitas Budi Luhur terbukti unggul, modern, dan berbudi luhur dengan menghadirkan sebuah kendaraan listrik yang bisa dibanggakan oleh semua pihak.

"Kami patut berbangga dengan segala pencapaian yang sudah diraih. Meski demikian, kami tidak ingin tenggelam dan berhenti sampai di sini saja karena kami akan kembali melakukan riset dan siap untuk menghadirkan kendaraan listrik yang lebih dari apa yang sudah dicapai saat ini," jelas Sujono.

Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro MBA., tidak lupa mengucapkan syukur atas seluruh keberhasilan dosen dan mahasiswa dalam mengembangkan BL-SEV01 hingga mencapai tingkat sekarang.


"Tentu saja pencapaian ini tidak akan membuat kami, seluruh civitas Universitas Budi Luhur, berdiam diri dan siap untuk mengembangkan teknologi kendaraan listrik yang lebih baik lagi dari segala aspek. Dukungan akan terus kami berikan kepada pihak-pihak yang siap untuk menghadirkan riset-riset ilmiah dan bisa bermanfaat bagi masyarakat, nusa, dan bangsa," pungkas Kasih Hanggoro.

Komentar