alexametrics

Hasil Rebadged Suzuki Ertiga, Lahir Toyota Rumion MPV Tiga Baris

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Hasil Rebadged Suzuki Ertiga, Lahir Toyota Rumion MPV Tiga Baris
Toyota Rumion hasil rebadged dengan Suzuki Ertiga [Carscoops].

Hasil rebadged ini bukan yang perdana, simak edisi-edisi lainnya juga dibuat dengan sistem bertukar platform.

Suara.com - Toyota akan merilis sebuah mobil kategori Multi-Purpose Vehicle (MPV) terbarunya dengan platform Suzuki Ertiga. Bakal dipasarkan ke Afrika Selatan, produksi dijadwalkan 2022.

Seperti dilansir dari Carscoops, dengan nama Toyota Rumion, produk ini adalah hasil rebadged Suzuki Ertiga yang diluncurkan pada 2018 di Indonesia.

Dari segi desain, satu-satunya perbedaan antara Rumion dan Ertiga hanya pada bagian logo, grille, dan pelek diameter 15 inci. Toyota Rumion baru juga mempertahankan desain dasbor dan setir, serta layar sentuh infotainment seperti yang digunakan Suzuki.

Suzuki ACross hybrid diperkenalkan di Eropa, Kamis (2/7/2020). [Dok Suzuki Eropa/Antara]
Suzuki ACross hybrid diperkenalkan di Eropa, Kamis (2/7/2020), dari rebadge . [Dok Suzuki Eropa/Antara]

Secara keseluruhan Toyota Rumion memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.690 mm, dengan jarak sumbu roda 2.740 mm. Desain ini memungkinkan mobil cukup lapang untuk ukuran mobil tiga baris.

Baca Juga: Mazda 2 Hasil Rebadged Toyota Yaris Tertangkap Lakukan Uji Jalan

Seperti Suzuki Ertiga, Toyota Rumion didasarkan pada sasis Suzuki Swift versi lng chassis. Di bawah kap mesin terdapat mesin empat silinder 1.5L yang mampu menghasilkan tenaga 103 dk dan torsi 138 Nm.

Tenaga yang ada disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4- percepatan. Terkait harga, Toyota Rumion 2022 diperkirakan dibanderol 16.382 dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 232 juta.

Sedangkan varian paling mahal dengan girboks otomatis dipasarkan dengan harga 21.158 dolar AS atau setara Rp 300 juta.

desain layout three rows atau tiga baris, Toyota Rumion siap angkut tujuh penumpang atau kapasitas 7-seater [Carscoops].
desain layout three rows atau tiga baris, Toyota Rumion siap angkut tujuh penumpang atau kapasitas 7-seater [Carscoops].

Ini bukan pertama kalinya Toyota menawarkan hasil rebadged dari produk Suzuki. Di India, Toyota Glanza adalah hasil rebadged Suzuki Baleno, dan Toyota Urban Cruiser dari Suzuki Vitara Brezza.

Sementara, Suzuki Swace di Eropa adalah Toyota Corolla Sport Tourer, sedangkan Suzuki Across didasarkan pada Toyota RAV4.

Baca Juga: Manfaatkan Aliansi, Mitsubishi Berhenti Kembangkan Platform Mobil?

Komentar