alexametrics

BMW Hentikan Produksi Mobil BBM di Pabrik Utamanya Mulai 2024

Liberty Jemadu
BMW Hentikan Produksi Mobil BBM di Pabrik Utamanya Mulai 2024
Mobil listrik BMW i4. [BMW]

BMW sudah menargetkan bahwa 50 persen dari produksinya di 2030 sudah menggunakan teknologi listrik.

Suara.com - BMW mengumumkan akan menghentikan produksi mobil berbahan bakar minyak di pabrik utamanya yang terletak di Munich, Jerman mulai 2024 mendatang.

Pengumuman itu disampaikan kepala bagian produksi BMW Milan Nedeljkovic pada Jumat (22/10/2021) dalam jumpa pers yang menandai dimulainya produksi mobil listrik BMW i4.

Sebagai gantinya, mesin-mesin pembakaran internal (internal combustion engine) yang mengandalkan BBM akan diproduksi di pabrik BMW di Austria dan Inggris. Meski demikian pabrik di Munich masih akan menjadi tempat perakitan mobil berbahan bakar minyak.

Mulai 2023, BMW menargetkan separuh dari produksi pabriknya di Munich adalah mobil berteknologi listrik, baik yang hibrida maupun yang sepenuhnya bergantung pada baterai.

Baca Juga: BMW Kembangkan Platform Baru, Cocok untuk Semua Jenis Mobil Listrik

BMW i4, yang sepenuhnya mengandalkan baterai sebagai sumber energi, diproduksi bareng mobil berbahan bakar minyak dan mobil hybrid di Munich. BMW rencananya akan mengadopsi strategi yang sama di beberapa pabriknya.

BMW sendiri sudah menargetkan bahwa 50 persen dari produksinya di 2030 sudah menggunakan teknologi listrik. Langkah ini diambil BMW untuk mengantisipasi larangan mobil BBM di beberapa negara pada dekade mendatang. [Reuters]

Komentar