alexametrics

Garansi Tiga Tahun, Ini Keunggulan Baterai Sepeda Motor Listrik GESITS

RR Ukirsari Manggalani
Garansi Tiga Tahun, Ini Keunggulan Baterai Sepeda Motor Listrik GESITS
Pekerja menata sepeda motor listrik Gesits yang telah selesai dirakit di pabrik PT Wika Industri Manufaktur (WIMA), Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/10/2021) [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa]

Baterai menjadi salah satu nilai plus dari GESITS.

Suara.com - Bila sepeda motor konvensional bergantung kepada SPBU atau pom bensin, maka sepeda motor listrik mengandalkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Dikutip dari kantor berita Antara, Abdullah Alwi, General Manager Sales and Marketing PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) menyatakan bahwa baterai adalah komponen paling penting pada kendaraan listrik.

Oleh karena itu, pihaknya ingin memberikan kepastian kepada para konsumen GESITS tentang keamanan dan daya tahan baterai melalui garansi dengan jangka waktu yang relatif panjang. Yaitu mencapai tiga tahun.

Pekerja merakit sepeda motor listrik Gesits di pabrik PT Wika Industri Manufaktur (WIMA), Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/10/2021) [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj]
Pekerja merakit sepeda motor listrik Gesits di pabrik PT Wika Industri Manufaktur (WIMA), Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/10/2021) [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj]

Baterai yang digunakan sepeda motor GESITS adalah tipe Li-NCM 72 Volt 20 Ah dengan daya mesin maksimal hingga 5.000 watt dan mampu menempuh jarak 50 km.

Baca Juga: Gojek Uji Coba Komersial 500 Motor Listrik di Jaksel, Tersedia Cabinet Battery Swap

Dengan daya yang besar, para pengguna bisa tetap leluasa mengendarai GESITS meski membawa barang bawaan ataupun membonceng penumpang.

Baterai juga dilengkapi teknologi Battery Management System (BMS), sehingga baterai relatif aman saat diisi daya kapan pun tanpa khawatir overcharge maupun korsleting listrik.

Selain itu, telah dilengkapi sertifikasi tahan air IP67 sehingga aman ketika melintasi jalan yang tergenang air maupun banjir.

"Kami melengkapi desain baterai dengan IP67, artinya kalau kena banjir, air, dan lain sebagainya aman," ucap Abdullah Alwi.

GESITS juga menawarkan kemudahan dalam pengisian daya. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengisi baterai, yaitu:

Baca Juga: Gojek Bersiap Menjadi Penyedia Transportasi Emisi Nol Karbon Mulai 2030

  • Mengeluarkan baterai portabel dari motor, lalu menghubungkannya ke daya listrik menggunakan charger. Proses ini sama seperti mengisi baterai perangkat elektronik rumah tangga pada umumnya.
  • Langsung menghubungkan charger ke soket yang ada di sepeda motor tanpa perlu mengeluarkan baterai. Cara ini biasanya dipakai ketika melakukan pengisian baterai di SPKLU.

Lantas tersedia dua mode pengisian daya baterai GESITS, yakni mode pengisian cepat dan mode pengisian normal.

"Fast charging 450 watt lama pengisian tiga jam, sedangkan normal charging 250 watt lama pengisian lima jam," tukas Abdullah Alwi.

"Kami memberikan satu baterai yang bagus dengan warranty tiga tahun, sehingga ketakutan customer dalam membeli motor listrik bisa dihapus," lanjutnya.

Keunggulan lainnya,adalah biaya operasional motor listrik GESITS yang relatif murah. Konsumsi listrik untuk pengisian penuh baterai hanya memakan biaya sekitar Rp 2.000.

"Ini satu baterai 1,4 kWh. 1 kWh itu Rp1.444. jadi untuk jarak 50 km mungkin listriknya sekitar Rp 2.000. Produk kami 60 persen lebih irit daripada motor konvensional," tandas Abdullah Alwi.

GESITS juga telah menggunakan 85 persen komponen yang diproduksi di dalam negeri. Adapun Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) GESITS saat ini sebesar 46,73 persen.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa pihaknya juga tengah mengembangkan aplikasi GESITS. Melalui aplikasi ini, para pengguna dapat memantau performa maupun status kondisi motor listrik.

Komentar