alexametrics

Hyundai Creta Buatan Indonesia Akan Diekspor

Liberty Jemadu
Hyundai Creta Buatan Indonesia Akan Diekspor
Hyundai Creta dipamerkan di GIIAS 2021 yang berlangsung selama 11 - 21 November 2021. [Antara]

Pabrik di Cikarang disiapkan untuk menjadi basis produksi di Asia. Hyundai Creta siap diekspor ke negara lain.

Suara.com - Hyundai Creta yang menjadi mobil pertama garapan Hyundai Motors di Indonesia, tidak hanya menyasar pasar domestik melainkan akan menuju pasar ekspor.

"Pasti (menuju pasar ekspor)," kata Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Makmur, Jumat (26/11), ketika ditanya soal potensi memasarkan Hyundai Creta ke luar negeri.

Fasilitas manufaktur Hyundai di Cikarang disiapkan untuk basis produksi Hyundai di pasar Asia. Makmur menjelaskan bahwa Hyundai Indonesia memiliki kapasitas produksi 150.000 unit per tahun, yang bisa dioptimalkan hingga 250.000 unit setiap tahun.

Menurut rencana, Hyundai Indonesia tidak hanya mengandalkan Creta, melainkan akan menggarap produksi mobil listrik dan mobil keluarga (multi purpose vehicle/MPV).

Baca Juga: Belum Ada Rencana Produksi Hyundai Creta 7 Penumpang

Makmur menilai, pasar ekspor untuk Hyundai Creta yang disasar Hyundai Indonesia tidak akan bersinggungan dengan Hyundai India yang juga memproduksi Creta.

"Kami handle mana, India handle mana. Itu pasti sudah ada pembagiannya," jelas Makmur.

Kendati demikian, Makmur belum bisa menjelaskan negara tujuan ekspor Hyundai di masa mendatang.

Hyundai Creta sendiri adalah mobil pertama yang diproduksi merek asal Korea Selatan itu di Indonesia. Mobil tersebut menyasar pasar SUV lima penumpang di Tanah Air. [Antara]

Baca Juga: Andalan Motor Buka Diler Hyundai Keenam di Kota Bogor

Komentar