Mobil Baru Bisa Terbakar, Rifat Sungkar Paparkan Beberapa Penyebabnya

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Mobil Baru Bisa Terbakar, Rifat Sungkar Paparkan Beberapa Penyebabnya
Ilustrasi mobil terbakar. (Pixabay/Hermann Kollinger)

Mobil terbakar bisa disebabkan banyak hal. Bisa menimpa mobil lama pun baru dibeli.

Suara.com - Kejadian mobil terbakar menjadi momok bagi para pemilik kendaraan. Celakanya, semua tunggangan, baik baru maupun lawas bisa "nyala" karena kobaran api yang timbul dari kompartemen mesinnya.

Apakah hal sebenarnya yang bisa menyebabkan mobil terbakar?

Menurut penjelasan Brand Ambassador Mitsubishi, Rifat Sungkar, dalam beberapa kasus yang ada, mobil terbakar bisa terjadi di area mesin bagian belakang dan ada pula bagian depan. Penyebabnya juga berbeda.

"Untuk yang biasanya terjadi, kebakaran di mesin bagian depan terjadi ketika mobil pernah satu atau dua kali melewati genangan air, masalahnya tidak kelihatan. Genangan air ini cukup jahat karena tidak semua mobil prepare tahan guyuran air," ujar Rifat Sungkar, dalam sesi virtual conference, Selasa (14/12/2021).

Baca Juga: Pesawat Susi Air Terbakar di Nduga Papua, Bawa 5 Penumpang Termasuk Seorang Bayi

Bila dilihat, sambung pereli nasional dan pengurus IMI Pusat iu, ada mobil dengan ECU (Electronic Control Unit) di bawah. Ada pula yang memiliki air intake di bawah bumper.

Rifat Sungkar [Instagram Rifato].
Rifat Sungkar [Instagram Rifato].

Nah selama mobil beroperasi tentunya banyak komponen yang menghasilkan panas. Itulah penyebabnya.

"Bahkan ada kejadian mobil baru terbakar karena power steering putus dan terkena heater. Jadi penyebab mobil terbakar banyak pemicunya," terang Rifat Sungkar.

Sedangkan untuk mobil mesin belakang, karakternya berbeda. Kejadiannya karena sistem kelistrikan tidak bekerja dengan baik.

Mesin juga dekat dengan knalpot dan biasanya knalpot panasnya berlebih, sehingga kabel mengalami panas berlebih pula.

Baca Juga: Diduga Sabotase, Pilot dan Penumpang Pesawat Susi Air Hilang Setelah Terbakar di Bandara Paro Nduga Papua

"Jadi beda mobil beda cerita. Kalau lihat di YouTube supercar banyak terbakar itu beda lagi. Biasanya knalpot panas dan membakar bumper dan bumper membakar mesin. Jadi banyak penyebabnya," tutup Rifat Sungkar.