facebook

Bantu Korban Erupsi Semeru, Suzuki Donasikan Ambulans, Beri Layanan Medis Hingga Logistik

RR Ukirsari Manggalani
Bantu Korban Erupsi Semeru, Suzuki Donasikan Ambulans, Beri Layanan Medis Hingga Logistik
Dua mobil donasi dari Suzuki Indonesia dan time SCRC tiba di lokasi posko penanganan korban erupsi Gunung Semeru [Suzuki Indonesia via ANTARA].

Suzuki Indonesia bersama 14 klub komunitas berdonasi ambulans dan mobil logistik sampai layanan medis.

Suara.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama Tim Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) bergerak ke Provinsi Jawa Timur memberikan bantuan kepada korban bencana erupsi Gunung Semeru.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis resmi Suzuki Indonesia, PT SIS dan SCRC memberikan layanan medis, dapur umum, dan pendistribusian logistik.

Ketua Umum Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC), Rachmat Keliek Pangestu mengungkapkan bahwa erupsi gunung Semeru memberikan dampak yang begitu besar bagi daerah sekitarnya.

Suzuki Carry Blind Van diluncurkan di Indonesia, Jumat (14/11/2020). [Dok Suzuki Indomobil Sales]
Suzuki Carry Blind Van, sebagai ilustrasi produk New Suzuki Carry [Dok Suzuki Indomobil Sales]

Menurut data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ada delapan desa di Kabupaten Lumajang yang terdampak bencana. Lima di antaranya berlokasi di Kecamatan Candipuro. Yaitu Sumber Wulu, Sumber Mujur, Penanggal, Candipuro dan Sumber Rejo. Sedangkan tiga desa lainnya terletak di Kecamatan Pronojiwo, masing-masing Supiturang, Sumber Urip, serta Oro Oro Ombo.

Baca Juga: Helm Edisi Terbatas Suzuki Ini Dibanderol Belasan Juta, Ini Keistimewaannya

"Kami turut berduka cita atas kejadian ini. Untuk itu, sebagai bentuk kepedulian, kami berinisiatif dengan cepat melakukan berbagai kegiatan sosial untuk membantu masyarakat di sana," jelas Rachmat Keliek Pangestu dalam keterangan resminya yang dikutip Kamis (23/12/2021).

Sampai saat ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan bahwa jumlah masyarakat yang terdampak bencana erupsi bertambah hingga lebih dari 10.000 jiwa, dan sebagian besar telah berada di pengungsian.

Bertambahnya warga terdampak erupsi Semeru inilah pendorong Suzuki untuk bertindak lebih cepat dan tanggap dalam membantu meringankan beban korban bencana.

Dalam pelaksanaannya, Suzuki Indonesia bersama SCRC yang terdiri dari 14 klub Suzuki bergerak didampingi 4x4 AU 98 menempatkan bantuan beberapa personel di lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru.

Petugas SAR melakukan pencarian korban di kawasan lintasan awan panas Gunung Semeru di Curah Koboan, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Senin (13/12/2021). ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
Petugas SAR melakukan pencarian korban di kawasan lintasan awan panas Gunung Semeru di Curah Koboan, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Senin (13/12/2021). ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Adapun bantuan PT SIS dan SCRC adalah New Carry Ambulance dan New Carry Box Logistik ke salah satu posko penanggulangan bencana yang dibuat Indonesia Offroad Federation (IOF) dan Galena Rescue.

Baca Juga: Toyota, Suzuki, dan Daihatsu Kolaborasi Kembangkan Mobil Baru untuk 2025

Suzuki dan SCRC juga memberikan bantuan layanan medis dengan cara berkeliling ke rumah-rumah warga terdampak, untuk melakukan pengecekan kesehatan. Selain itu, disediakan pula unit pelayanan ambulans tim SCRC untuk mengantarkan korban ke fasilitas kesehatan terdekat.

Pelayanan medis yang diberikan oleh SCRC ini adalah bentuk kerja sama dengan dokter dari organisasi Medical Emergency Disaster and Adventure (MED-A).

Selain itu, diadakan pula dapur umum untuk menyiapkan makanan siap saji bagi warga sekitar yang terdampak dan pendistribusian bantuan logistik ke lokasi yang membutuhkan.

"Kami juga berterima kasih kepada tim SCRC yang sigap berkolaborasi memberikan bantuan untuk para korban seoptimal mungkin. Kami berharap bantuan ini dapat memenuhi kebutuhan kesehatan dan logistik masyarakat saat ini agar dapat pulih kembali," pungkas 4W Marketing Director PT SIS, Donny Saputra.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar