facebook

Stephan Winkelmann Beri Sinyal Lamborghini Akan Luncurkan Mobil Listrik Pertama di Tahun Ini

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Stephan Winkelmann Beri Sinyal Lamborghini Akan Luncurkan Mobil Listrik Pertama di Tahun Ini
Stephan Winkelmann dalam IAA Frankfurt atau Frankfurt Motor Show [Shutterstock].

Diperkirakan produk yang akan diluncurkan masuk kategori crossover.

Suara.com - CEO Lamborghini, Stephan Winkelmann mengungkap rencana perusahaan untuk produksi kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) pertamanya. Disebutkan siap dirilis tahun ini.

"Jika semuanya berjalan sesuai rencana, proyek EV akan "kick-off" pada 2022 setelah konsep awal disetujui," ujar Winkelmann, dikutip dari Carscoops.

Lebih lanjut, Winkelmann mengatakan, mobil listrik merupakan bagian dari masa depan Lamborghini. Tapi sejauh ini belum ada keputusan jelas diambil, dan oleh karena itu masih terlalu dini untuk membahas model apa yang akan diluncurkan.

SUV Lamborghini Urus yang laris di pasar otomotif global. Memberikan dimensi baru tentang sports car Lamborghini [Lamborghini via ANTARA].
SUV Lamborghini Urus yang laris di pasar otomotif global. Memberikan dimensi baru tentang sports car Lamborghini [Lamborghini via ANTARA].

Namun ia memberi sedikit gambaran bila mobil listrik pertama yang akan diluncurkan merupakan model crossover.

Baca Juga: Penuhi Pasar Mobil Listrik Korea Selatan, Ini Daftar Produk Baru Mercedes EQ

Disebutkan bahwa mobil dirancang dengan kapasitas empat tempat duduk dengan ground clearance yang lebih tinggi.

Terakhir kali Lamborghini menawarkan mobil empat jok adalah di 1970-an, melalui model Urraco. Winkelmann juga menggambarkan model yang akan datang sebagai mobil yang lebih serbaguna daripada Lamborghini Urus.

"Kami telah memutuskan tahun ini jenis mobil apa, dan tidak hanya volume, harga, dan desain bodi, juga konten mobil," ungkapnya.

Stephan Winkelmann mengatakan bahwa Lamborghini memiliki opsi untuk memilih komponen mana yang akan dipesan terlebih dahulu, dan mana akan dibagikan dengan merek lain dari Grup Volkswagen. Utamanya dalam soal platform, motor listrik, dan teknologi baterai.

Namun, dia menjelaskan perusahaan tetap perlu mempertahankan keseimbangan yang baik antara keduanya.

Baca Juga: Renault-Geely Kolaborasi, Produk Perdana Mobil Listrik Hybrid Meluncur 2024

"Membuat produk itu penting memperhatikan DNA brand yang dimiliki. Jelas mobil ini pasti sangat Lamborghini. Tapi di sisi lain, tidak ada produsen yang melakukan semuanya sendiri saja. Sehingga kami juga berbagi dengan membeli komponen dalam grup atau di luar grup. Ini adalah keuntungan besar yang kami miliki," tegas Winkelmann.

Beberapa sumber memprediksi bila EV Lamborghini akan didukung rancang bangun yang berfungsi sebagai basis untuk Audi A8 dan mobil listrik atau EV pertama dari Bentley.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar