facebook

Cara Mudah Menyetel Rantai Motor Sendiri di Rumah, Begini 5 Langkahnya

Cesar Uji Tawakal
Cara Mudah Menyetel Rantai Motor Sendiri di Rumah, Begini 5 Langkahnya
Ilustrasi motor. (Pexels/Rachel Claire)

Cara mudah menyetel rantai motor bisa Anda temukan di artikel singkat ini!

Suara.com - Pada motor konvensional, dalam artian bukan matic, fungsi dan keadaan rantai motor memegang peranan yang krusial. Jika tidak terpasang dan tersetel dengan benar, maka bisa saja meningkatkan resiko kecelakaan. Maka Anda harus tahu cara mudah menyetel rantai motor.

Menyetel dalam hal ini diartikan sebagai mengencangkan, sebab biasanya masalah yang dialami motor adalah rantai kendur karena pemakaian. Ketika rantai terlalu kencang, biasanya disebabkan karena setelan bengkel pada rantai baru atau dengan sengaja diminta disetel demikian.

Berikut cara mudah menyetel rantai motor yang bisa Anda coba.

Ilustrasi rantai motor. (pixabay.com)
Ilustrasi rantai motor. (pixabay.com)

1. Standarkan Motor dengan Menggunakan Standar Tengah

Baca Juga: 3 Tips Agar Sepeda Motor Lebih Irit Bahan Bakar

Untuk memudahkan pengencangan rantai motor, Anda bisa memulainya dengan menggunakan standar tengah pada motor yang diparkir. Hal ini bisa memudahkan perputaran roda gigi, serta proses pengencangan rantai motor yang akan dilakukan karena posisinya tegak.

2. Kendurkan Mur Poros Roda

Selanjutnya, kendorkan mur poros atau as roda secara perlahan dengan menggunakan dua kunci berbeda. Satu digunakan menahan, dan di sisi lain digunakan untuk mengendorkan. Ingat, jangan terlalu kendur agar roda tak lepas. Proses ini ditujukan agar roda belakang mudah di maju atau mundurkan.

3. Ketiga Kendorkan Baut pada Braket Kaliper

Langkah ketiga adalah mengendurkan baut pada braket kaliper yang ada di roda belakang. Langkah ini harus dilakukan untuk Anda yang memiliki motor dengan cakram belakang. Kendurkan dengan kunci ring.

Baca Juga: Sempat Dicuri, Arun Akhirnya Temukan Motor Royal Enfield Ayahnya yang Raib 25 Tahun Lalu

4. Putarlah Mur Pengatur Rantai

Keempat, lakukan penyetelan rantai dengan cara memutar dua mur pengatur yang ada di ujung swing arm roda motor. Dua mur ini harus diputar sama rata, sehingga posisi as roda belakang tetap seimbang dan center. Setel sesuai dengan kebutuhan, bisa dikencangkan atau dikendorkan.

5. Setelah Selesai, Kencangkan Semua Mur

Setelah didapatkan posisi sempurna untuk rantai motor Anda, selesaikan dengan mengencangkan semua mur dan baut yang sejak awal tadi dikendurkan. Pastikan kembali pada posisi kencang seperti sebelum dikendorkan.

Itu tadi cara mudah menyetel rantai motor yang bisa Anda praktekkan di rumah. Hanya membutuhkan beberapa kunci ring dan kunci pas saja, Anda bisa menghemat sejumlah dana dengan melakukan penyetelan secara mandiri di rumah. Selamat beraktivitas, dan semoga berhasil!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar