facebook

Memahami Istilah Apa Itu Sleeper dalam Dunia Modifikasi Mobil, Ini Pengertiannya

Cesar Uji Tawakal
Memahami Istilah Apa Itu Sleeper dalam Dunia Modifikasi Mobil, Ini Pengertiannya
Ilustrasi mobil. (Pexels/Erik Mclean)

Modifikasi tak melulu soal tampilan luar, tapi juga mesin mobil. Simak pemahaman apa itu sleeper car di sini!

Suara.com - Dalam dunia otomotif dikenal banyak sekali istilah unik untuk memberikan predikat pada sesuatu. Ada istilah ricer, yang pernah dibahas sebelumnya, dan ada pula istilah sleeper. Apa itu sleeper? Apakah jenis mobil ini memiliki ciri khusus pada tampilannya?

Nah, jika dilihat tren modifikasi yang dilakukan pegiat ricer, fokus utamanya adalah pada bagian tampilan luar atau look. Kebalikannya, sleeper justru memiliki titik berat modifikasi pada performa mesin yang akselerasi.

Memahami Apa Itu Sleeper Car

Meski secara harfiah diterjemahkan sebagai mobil tukang tidur, pada kenyataannya sleeper car merupakan mobil dengan performa yang tidak diduga, sehingga mengejutkan siapa saja yang melihat tampilannya.

Baca Juga: Cara Stel Pengapian Mobil: Begini 7 Langkahnya

Hadir dengan tampilan biasa saja, bahkan cenderung membosankan, daya tarik utama dari mobil sleeper terletak pada performa mesinnya yang luar biasa. Ada yang merupakan bawaan pabrik, ada pula yang merupakan hasil modifikasi. 

Beberapa mobil pabrikan sudah dari awal memiliki konsep tersebut. Misalnya saja Mercury Marauder, yang diam-diam memiliki mesin V8 4.6 liter dengan 302 hp. Siapa sangka mobil yang tampilannya konvensional ini memiliki tenaga besar itu? 

Untuk modifikasi, hampir semua mobil dengan bentuk konvensional bisa dirombak jadi sleeper car. Tinggal pandai-pandai saja mengoprek mesin, tanpa menyentuh bagian badan luar mobil secara langsung.

Ilustrasi mesin mobil. [Tim Mossholder/Unsplash]
Ilustrasi mesin mobil. [Tim Mossholder/Unsplash]

Tapi Apa Tujuan Orang yang Memodifikasi Mobil dengan Jenis Ini?

Tak semua orang menyukai perhatian secara langsung, atau tampilan yang mentereng saat berada di jalan raya. Namun, orang-orang ini tetap ingin melakukan modifikasi, dan berfokus pada performa dan kapasitas mesin yang dimiliki mobilnya.

Baca Juga: Mewek, Ayah Anak Minta Izin Foto di Samping Mobil Bikin Banjir Air Mata, Ramai Didoakan

Alhasil kesan mendalam bisa didapatkan ketika seorang mencoba mobil sleeper ini. Kejutan yang hadir memberikan sensasi tersendiri sehingga selalu diingat. Kesan yang ditimbulkan jadi low profile dan membumi, tapi dengan menyimpan potensi ‘monster’ di dalam kap mesinnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar