facebook

Cara Pasang Aki Mobil yang Benar: Begini Delapan Langkah Sederhananya, Bisa Dicoba Sendiri

Cesar Uji Tawakal
Cara Pasang Aki Mobil yang Benar: Begini Delapan Langkah Sederhananya, Bisa Dicoba Sendiri
Ilustrasi mesin mobil dan aki mobil. (freepik)

Penting untuk mengganti aki secara berkala. Agar kembali berjalan dengan lancar, penting juga mengetahui cara pasang aki mobil yang benar.

Suara.com - Dari tahun ke tahun, masalah aki mobil adalah salah satu alasan utama mobil mogok. Oleh karena itu, penting untuk menggantinya secara berkala. Agar kembali berjalan dengan lancar, perlu mengetahui cara pasang aki mobil yang benar.

Seringkali, alasan aki mobil rusak adalah karena sudah terlalu tua dan tidak lagi sesuai dengan fungsinya. Umumnya, masa pakai aki mobil biasa biasanya antara tiga dan lima tahun jika dirawat dengan benar, tetapi ini pun tergantung pada beberapa faktor penting.

Nah, agar kendaraan mobil Anda bisa kembali berjalan dengan lancar, pastikan juga Anda mengganti dan memasangnya dengan benar. Melansir dari berbagai sumber, adapun cara pasang aki mobil yang benar yakni sebagai berikut.

Ilustrasi memeriksa aki mobil. [Shutterstock]
Ilustrasi memeriksa aki mobil. [Shutterstock]

Langkah 1

Baca Juga: The Best 5 Oto: Mazda CX-50 Beredar di Amerika, Apresiasi Bagi Pramudi TransJakarta, Carlos Ghosn Bicara Aliansinya

Pastikan Anda parkir di permukaan yang rata, gunakan rem tangan, dan ingat untuk menyimpan kunci di dekat Anda jika sistem penguncian pusat aktif saat aki lama dilepas.

Langkah 2

Untuk keamanan, gunakan kacamata pelindung dan sarung tangan karena asam aki mobil sangat korosif dan dapat bocor.

Langkah 3

Sebelum melepas aki lama, pastikan Anda memiliki semua kode PIN dan pengaturan untuk sistem kelistrikan mobil Anda, seperti sistem navigasi satelit, sistem musik, dan radio, karena mungkin perlu diatur ulang.

Baca Juga: Miliki SPKLU, Kota Samarinda Pastikan Mobil Listrik Akan Jadi Alat Transportasi

Langkah 4

Identifikasi hubungan negatif dan positif. Negatif biasanya berwarna hitam dan bertanda '-' (minus), sedangkan kutub positif biasanya berwarna merah dan bertanda '+' (plus). Beri label jika perlu.

Langkah 5

Saat melepas aki, selalu lepaskan terminal negatif terlebih dahulu karena kegagalan melakukannya dapat merusak sistem kelistrikan mobil Anda. Selanjutnya, kendurkan terminal positif, lalu klem atau sekrup yang menahan baterai di tempatnya.

Langkah 6

Jaga agar baterai lama tetap tegak setiap saat selama pelepasan untuk meminimalkan risiko tumpahan asam.

Langkah 7

Pasang aki baru di tempatnya, pastikan pos negatif dan positif berada pada posisi yang sama dengan aki yang dilepas. Periksa ini sebelum mengencangkan klem atau sekrup yang menahan aki pada tempatnya. 

Lepaskan penutup pelindung plastik dari pos aki baru dan kemudian sambungkan kembali terminal positif (+) dengan aman diikuti dengan terminal negatif (-).

Langkah 8

Jika Anda telah mengikuti langkah-langkah di atas, kendaraan Anda sudah siap untuk digunakan bepergian. Perlu diingat, jangan lupa untuk membuang aki lama Anda di pusat daur ulang atau tempat pembuangan sampah setempat.

Demikian informasi mengenai cara pasang aki mobil yang benar agar bisa kembali digunakan dengan lancar untuk bepergian.

Kontributor : Ulil Azmi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar