facebook

Bantu Warga di Pelosok, Ini Imbauan IMI untuk Penggunaan Pertamax Series

RR Ukirsari Manggalani
Bantu Warga di Pelosok, Ini Imbauan IMI untuk Penggunaan Pertamax Series
PT Pertamina Persero meluncurkan Pertamax Turbo sebagai Bahan Bakar Minyak (BBM) berspesifikasi Euro 4. Sebagai ilustrasi [Suara.com].

IMI mengimbau warga mampu agar menggunakan Pertamax series dengan tujuan sebagai berikut.

Suara.com - Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengimbau masyarakat dari golongan mampu agar menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax series.

Dikutip dari kantor berita Antara, dengan penggunaan Pertamax series maka secara tidak langsung warga dari golongan mampu turut membantu masyarakat yang memiliki tingkat ekonomi lebih rendah, termasuk di berbagai pelosok.

"Dengan membeli Pertamax series yang harganya lebih tinggi, sebenarnya kita sudah membantu masyarakat pengguna BBM di bawahnya," jelas Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat (Sekjen PP) IMI Ahmad Sahroni di Jakarta, Senin (14/2/2022).

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34.412.02 Jalan Cagak, Subang, Jabar, menyediakan produk Bahan Bakar Minyak (BBM) unggulannya Pertamax Turbo, dengan RON 98 dan memenuhi standar EURO 4 [Foto Pertamina].
Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34.412.02 Jalan Cagak, Subang, Jabar, menyediakan produk Bahan Bakar Minyak (BBM) unggulannya Pertamax Turbo, dengan RON 98 dan memenuhi standar EURO 4. Sebagai ilustrasi [Foto Pertamina].

Dengan cara itu, Pertamina juga tetap bisa mempertahankan harga jual BBM RON di bawahnya, agar tetap murah seperti sekarang.

Baca Juga: Tes Pramusim MotoGP Sirkuit Mandalika Rampung, Begini Kata Rider, Pengurus IMI, dan Safety Officer FIM

Ahmad Sahroni menyatakan bahwa pemilihan BBM dengan kadar oktan 92 menjadi konsekuensi pengguna kendaraan bermotor dalam memilih bahan bakar.

Pada saat membeli kendaraan keluaran baru, misalnya, apalagi yang tergolong mobil bagus, seharusnya konsumen sudah memproyeksikan agar kendaraan tadi diisi BBM berkualitas.

"Ketika mampu membeli motor atau mobil, seharusnya juga mampu membeli bahan bakar terbaik, meski dengan harga relatif lebih tinggi," tandasnya.

Selain untuk menyesuaikan dengan spesifikasi mesin, Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu menyatakan penggunaan Pertamax series juga sebagai bentuk sumbangsih yang luar biasa kepada mereka yang membutuhkan.

"Jadi untuk BBM yang memiliki RON lebih rendah, biarlah dipakai mereka yang membutuhkan. Sedangkan yang mampu, belilah yang lebih mahal," ujarnya.

Baca Juga: Kembangkan Industri Pariwisata Otomotif, Kemenparekraf Bekerja Sama dengan IMI

Pengalamannya sendiri, selama 10 tahun lebih memakai Pertamax series merasa puas dengan BBM berkualitas.

Selain memberikan performa prima kepada kendaraannya, BBM RON tinggi juga berdampak positif terhadap lingkungan, sehingga pihaknya setuju terhadap kebijakan Pertamina terkait penyesuaian harga BBM berkualitas.

"Dengan menaikkan harga, sebenarnya BUMN ini membantu masyarakat lain. Yaitu, tetap bisa mempertahankan harga BBM yang lebih memiliki RON lebih rendah," ujar Ahmad Sahroni.

Ia tambahkan bahwa pengguna sebaiknya tidak semata-mata melihat harga, namun manfaat yang memang sangat baik untuk mendukung kinerja mesin.

"Pertamax series punya standar untuk mobil yang kita pakai, pembakarannya juga sangat bagus. Jadi, meski harga relatif lebih tinggi, alhamdulillah BBM dengan RON tinggi ini punya fungsi kekuatan yang baik untuk mesin," pungkasnya.

Komentar