facebook

Obituari: Rahul Bajaj, Chairman Bajaj Group Telah Berpulang

RR Ukirsari Manggalani
Obituari: Rahul Bajaj, Chairman Bajaj Group Telah Berpulang
Rahul Bajaj, Chairman Bajaj Group meninggal dunia [screenshot Bajaj Auto].

Rahul Bajaj dikenal sebagai salah satu pemimpin bisnis paling terkemuka di India.

Suara.com - Rahul Bajaj, Chairman Bajaj Group yang lahir pada 10 Juni 1938 telah meninggal dunia akhir pekan kemarin (12/2/2022).  Dalam suasana duka, situs Bajaj Auto secara sederhana mengunggah potretnya hitam putih, dalam busana tradisional India warna putih.

Dikutip Suara.com dari situs resmi Bajaj Auto, Bajaj Group adalah salah satu dari 10 rumah bisnis teratas di India, dengan bidang usaha meliputi berbagai industri. Seperti Bajaj Auto di sektor otomotif sebagai produsen kendaraan roda dua dan roda tiga, peralatan rumah tangga, penerangan, besi dan baja, asuransi, perjalanan dan keuangan.

Bajaj Auto didirikan pada 1926 oleh Jamnalal Bajaj, seorang murid dan putra adopsi dari pemimpin pergerakan India, Mahatma Gandhi. Pendirian perusahaan berada di detik-detik krusial gerakan kemerdekaan negeri itu dari koloni Britania Raya.

Bajaj Pulsar NS200. (bajajauto.com)
Bajaj Pulsar NS200. Sebagai ilustrasi produk Bajaj Auto (bajajauto.com)

Sektor otomotif dalam Bajaj Group menjadi andalan, dan menduduki peringkat sebagai produsen roda tiga dan dua terbesar keempat di dunia. Brand ini kondang di Amerika Latin, Afrika, Timur Tengah, Asia Selatan, serta Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Baca Juga: Bajaj Bikin Pabrik Baru, Siap Dipakai untuk Memproduksi Motor Husqvarna dan Triumph

Rahul Bajaj mengambil alih bisnis ini pada 1965. Di bawah kepemimpinannya, laba Bajaj Auto naik dari 72 juta rupee menjadi 120 miliar rupee, portofolio produknya telah berkembang dan brand bertarung di pasar global.

Sosok Rahul Bajaj dikenal sebagai salah satu pemimpin bisnis paling terkemuka di India, produsen sepeda motor India, dan dihormati secara internasional karena ketajaman bisnis dan semangat kewirausahaannya.

Sebuah bajaj di India (Shutterstock).
Sebuah produk Bajaj di India (Shutterstock).

Dalam rentang waktu kepemimpinan Bajaj Group sendiri, setelah dipimpin Shri Jamnalal Bajaj, menggantinya adalah Kamalnayan Bajaj, pada 1942. di tangannya, Bajaj mengkonsolidasikan grup dan melakukan diversifikasi ke berbagai kegiatan manufaktur.

Kemudian penerusnya adalah Rahul Bajaj, dan pada 2005 Rajiv Bajaj, putranya menjabat sebagai Managing Director Bajaj Auto dan mengarahkan organisasi untuk menjadi raksasa mobil global.

Rajiv Bajaj memperkenalkan jajaran sepeda Pulsar, yang merevolusi pasar kendaraan roda dua di India.

Baca Juga: Jual Yamaha RX100 Bermesin Bajaj, Pria Ini Ditahan karena Bikin Pembeli Terkecoh

Pada 2007, Bajaj Auto mengakuisisi 14 persen saham di KTM yang telah berkembang menjadi 48 persen. Kemitraan ini adalah bagian upaya Bajaj Auto untuk memasok produk bagi balap motor di India.

Kini, Bajaj Auto secara eksklusif memproduksi berbagai sepeda KTM Duke dan mengekspornya ke seluruh dunia.

Selamat jalan Rahul Bajaj-ji. Rest in peace.

Komentar