facebook

Kapal Kargo Pengangkut Mobil Mewah Terbakar di Azores, Sekitar 1.100 Porsche dan 189 Bentley Ikut Ludes

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Kapal Kargo Pengangkut Mobil Mewah Terbakar di Azores, Sekitar 1.100 Porsche dan 189 Bentley Ikut Ludes
Ilustrasi kapal kargo terbakar [Shutterstock/Gertjan Hooijer]

Sekitar 4.000-an unit produk dari brand dengan induk Volkswagen Group dikhawatirkan ikut hangus seluruhnya.

Suara.com - Kapal kargo yang membawa ribuan mobil mewah milik Volkswagen Group terbakar di lepas pantai Kepulauan Azores, Portugal.

Bernama Felicity Ace, kapal ini tengah mengangkut sekitar 4.000 unit mobil dari berbagai brand di bawah payung Volkswagen Group seperti Volkswagen, Porsche, Audi, Bentley, Lamborghini dan beberapa unit mobil listrik bertenaga baterai lithium ion.

"Api telah mereda dalam beberapa jam terakhir," jelas Joao Mendes Cabecas, syahbandar terdekat di Pulau Faial, yang berada di perairan Azores, seperti dikutip dari Automotive News.

Ilustrasi logo Volkswagen.[Jens Schlueter/AFP]
Logo Volkswagen [AFP/Jens Schlueter]

Syahbandar ini menyatakan sejumlah mobil listrik membuat api sulit dipadamkan. Sehingga petugas harus membawa peralatan khusus untuk memadamkan api.

Baca Juga: Webinar 65 Tahun Astra: Jumpa Mendikbud Ristek, Aktivis Lingkungan-Perlindungan Satwa, Sampai Pakar Kesehatan Holistik

Sejauh ini, Joao Mendes Cabecas belum mengetahui apakah baterai mobil listrik menjadi pemicu terjadinya kebakaran. Pasalnya kobaran api cepat menjalar ke bagian tangki bahan bakar kapal.

"Kekhawatiran kami adalah polusi di lautan, karena kapal memiliki bahan bakar dalam jumlah besar, ditambah baterai mobil, tetapi sejauh ini belum ada polusi," tandasnya.

Saat intensitas api mulai mengecil, tim pemadam kebakaran dan teknisi menaiki kapal Feicity Ace untu membawanya bersandar ke dermaga.

Sementara itu Volkswagen melaporkan, setidaknya ada 3.965 unit kendaraan yang berada di atas kapal.  Terdapat sekitar 1.100 unit Porsche dan 189 unit Bentley ada di dalamnya.

Audi juga sudah memberikan keterangan bahwa ada beberapa kendaraan mereka yang dikapalkan di Felicity Ace. Hanya belum menyebut pasti jumlahnya.

Baca Juga: Penjualan Mobil Astra Mengalami Peningkatan pada Januari 2022

Komentar