facebook

Tak Ada Solusi, Kepergian Suzuki dari MotoGP Tinggal Menunggu Waktu

Liberty Jemadu | Manuel Jeghesta Nainggolan
Tak Ada Solusi, Kepergian Suzuki dari MotoGP Tinggal Menunggu Waktu
Kru Team Suzuki Ecstar MotoGP mendorong sepeda motor pembalapnya Alex Rins saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Kamis (10/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/foc. (ANTARA/ANDIKA WAHYU)

Dorna Sports dikabarkan memiliki dua pilihan tim untuk menggantikan Suzuki. Keduanya yaitu Leopard Racing dan GasGas.

Suara.com - Chief Executive Officer Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta mengungkapkan bahwa perpisahan tim balap Suzuki dari MotoGP hanya tinggal menunggu waktu. Menurutnya tidak ada solusi yang lebih baik agar Suzuki bertahan di MotoGP.

"Tidak, saya pikir tidak ada solusi. Juga bukan kepentingan kami untuk memaksa siapa pun untuk melanjutkan jika mereka tidak mau. Kami memiliki banyak permintaan untuk dapat mengisi posisi mereka. Dan apa yang harus kami lakukan sekarang adalah bekerja dengan tenang," kata Carmelo Ezpeleta dikutip dari Marca pekan ini.

Ia menambahkan jika Suzuki hengkang dari MotoGP tetap diperlukan negosiasi dengan Dorna, agar ditemukan jalan yang memuaskan semua pihak.

"Kami sedang berbicara dengan Suzuki, sebuah pernyataan pasti akan keluar besok, kami berbicara untuk melihat bagaimana mereka melakukannya," ungkap Marca.

Baca Juga: Masalah Finansial, Suzuki Temui Dorna Bahas Mundur dari MotoGP

Pihak penyelenggara MotoGP, Dorna Sports dikabarkan memiliki dua pilihan tim untuk menggantikan Suzuki. Keduanya yaitu Leopard Racing dan GasGas.

Meskipun Suzuki belum mengeluarkan pernyataan resmi, pabrikan berlogo S itu itu sudah berencana meninggalkan kejuaraan dunia MotoGP pada akhir musim 2022 ini.

Dorna sendiri menegaskan prioritas untuk menggantikan posisi Suzuki adalah Aprillia, Ducati, Honda, KTM, dan Yamaha. Jika fokus utama dengan menyari pabrikan baru, GasGas bisa menjadi pilihan ideal.

GasGas sendiri merupakan tim dari Spanyol yang sudah diakuisisi oleh Pierer Mobility AG alias pemegang merek KTM dan Husqvarna.

Baca Juga: Statistik MotoGP Prancis, Jorge Lorenzo Juara Terbanyak di Le Mans

Komentar