facebook

Modifikasi Vario 150: 6 Komponen yang Perlu Diganti Buat Peminat Spek Kirian

Cesar Uji Tawakal
Modifikasi Vario 150: 6 Komponen yang Perlu Diganti Buat Peminat Spek Kirian
Ilustrasi bengkel modifikasi motor. (Unsplash/AJ Yorio)

Ingin melakukan modif kirian untuk Vario 150 Anda? Simak beberapa komponen yang harus diganti berikut ini!

Suara.com - Modifikasi motor menjadi salah satu topik yang tidak pernah habis dibahas. Mulai dari modifikasi tampilan, hingga modifikasi yang menyangkut performa motor, semua bisa dilakukan asal paham apa yang diinginkan. Kali ini, mari sedikit kita bahas terkait modifikasi Vario 150 versi modif kirian.

Modif kirian sendiri cukup populer karena dianggap menjadi modifikasi yang tidak terlalu sulit dan tidak secara langsung mengoprek bagian mesin. Jadi posisi mesin tetap ukuran standar pabrik, namun ubahan dilakukan di bagian CVT-nya.

Pada modifikasi Vario 150 kirian, berikut beberapa bagian yang bisa Anda ubah untuk memaksimalkan performa CVT motor tersebut.

Ilustrasi motor Honda Vario. (Pexels/Arif Syuhada)
Ilustrasi motor Honda Vario. (Pexels/Arif Syuhada)

1. Per Torsi

Baca Juga: Vario 160 Terbaru 2021: Spesifikasi dan Fitur Lengkap, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Melakukan upgrade pada per torsi sliding sheave bisa jadi opsi untuk melakukan modif kirian. Fungsi dari per torsi ini sliding sheave sendiri adalah menekan secondary sliding sheave merapat agar posisi belt berada di bagian atas saat idle.

2. Per Kampas Ganda

Selanjutnya Anda bisa melakukan upgrade pada per kampas ganda. Ukuran yang digunakan bisa beragam, tergantung dengan apa yang ingin Anda rasakan. Untuk pemakaian harian, upgrade pada angka 1.500 rpm sudah cukup, sedangkan untuk penggunaan balap, upgrade hingga angka 2.000 sudah akan cukup terasa.

3. Mangkok Secondary Sliding Sheave

Untuk bagian ini bisa ditambahkan lubang-lubangnya. Sederhana saja, tujuannya untuk menangkap udara lebih banyak, dan membuang debu sisa dari gesekan kampas kopling dengan mangkok sliding sheave. Untuk jumlah lubangnya, Anda bisa meminta rekomendasi dari bengkel kepercayaan Anda.

Baca Juga: Modifikasi Mobil Petani Bikin Publik Geleng Kepala, Mesinnya Tak Disangka-sangka

4. Kampas Kopling Ganda

Modifikasi kampas kopling ini bisa dilakukan dengan menggunakan kampas kopling berbahan karbon, sebab memiliki daya cengkeram yang lebih baik. Opsi lain Anda juga tetap bisa menggunakan kampas standar, meski nantinya output dari modifikasi kirian ini akan tetap terasa kurang greget.

5. Bagian Roller

Sederhana saja, bagian roller CVT bisa diganti dengan ukuran yang lebih besar. Jika yang diinginkan ada tenaga di putaran atas, maka roller yang digunakan adalah jenis roller yang lebih berat. Jika yang diinginkan tenaga di rpm bawah, maka bangi dengan roller ukuran yang lebih ringan.

6. Modifikasi Pulley Depan

Mengoprek bagian CVT untuk mendapatkan modif kirian bisa juga dilakukan dengan mengubah bagian pulley depan. Ubahan yang dilakukan bisa dengan mengubah sudut kemiringan yang dilakukan. Tentunya, hal ini harus dikonsultasikan dengan pihak bengkel kepercayaan Anda.

Itu tadi cara modifikasi Vario 150 yang bisa dilakukan untuk mendapatkan output kirian yang optimal. Selalu konsultasikan keinginan modifikasi Anda dengan bengkel kepercayaan Anda, dan semoga mendapatkan hasil optimal.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar