facebook

Vario 160 Terbaru 2021: Spesifikasi dan Fitur Lengkap, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Cesar Uji Tawakal
Vario 160 Terbaru 2021: Spesifikasi dan Fitur Lengkap, Ini Kelebihan dan Kekurangannya
Astra Motor Yogyakarta menggelar acara All New Honda Vario 160 Raffle (Dok. Astra Motor Yogyakarta)

Ingin membeli Vario 160 terbaru 2021? Mungkin artikel tentang kelebihan dan kekurangannya ini bisa membantu pertimbangan yang Anda buat.

Suara.com - Inovasi yang disajikan Honda memang tidak pernah berhenti. Terbaru, hadirnya Vario 160 seperti menjadi angin segar di segmen skuter berbadan jumbo. Seri Vario 160 terbaru 2021 sendiri menyimpan segudang kelebihan yang tersaji untuk menarik konsumennya.

Meski demikian yang harus disadari, kelebihan ini juga selalu datang bersama dengan sisi kekurangannya. Jelas, kekurangan ini tidak banyak diekspos untuk kegiatan pemasaran, namun sebagai konsumen, agaknya Anda juga perlu paham agar pertimbangan yang dibuat bisa lebih baik dalam menentukan motor idaman Anda.

Berikut disajikan bahasan singkat terkait kelebihan dan kekurangan Vario 160 terbaru 2021 yang beredar di pasar.

Kelebihan Vario 160

Baca Juga: Pengendara Sepeda Motor di Mataram Terkena Anak Panah, Polisi Telah Kantongi Rekaman CCTV

Komunitas pencinta sepeda motor Honda menjajal All New Honda Vario 160 - (SuaraJogja.id/HO-Astra Motor Yogyakarta)
Komunitas pencinta sepeda motor Honda menjajal All New Honda Vario 160 - (SuaraJogja.id/HO-Astra Motor Yogyakarta)

1. Dilengkapi Fitur Canggih

Beberapa fitur canggih disematkan ke dalam motor skutik yang satu ini. Mulai dari LED di setiap bagian lampunya hingga bagian indikator yang serba digital, Honda Smart System di bagian kunci motor hingga memungkinkan penggunaan secara keyless, fitur integrasi Honda Smart System dengan anti maling dawn Answer Back System, soket pengisi daya ponsel, Idling Stop System, dan masih banyak lagi.

2. Dua Varian sebagai Opsi

Tidak seperti pesaingnya, Honda Vario 160 menawarkan dua opsi saja untuk variannya. Hal ini justru menjadi kelebihan karena konsumen tidak dihadapkan pada pilihan yang sulit, hanya harus memilih model CBS atau ABS, kemudian menentukan warna yang diinginkan tanpa harus memperhatikan hal lain sebagai pembanding.

3. Performa Meningkat

Baca Juga: Contoh Surat Kuasa Pengurusan STNK: Bisa untuk Motor dan Mobil, Ini Syarat-syaratnya

Vario 160 sendiri dinilai memiliki performa yang lebih baik. Bobot total kendaraan menjadi lebih ringan, mesin dengan standar Euro 3 dengan kapasitas 156,9 cc SOHC empat katup, dan daya sebesar 15,1 hp di 8.500 rpm. Satu liter bensin, dalam percobaannya, berhasil mencapai daya jelajah hampir 47 kilometer dengan fitur Idling Stop System yang aktif.

4. Tampilan Kekinian

Satu hal masif yang diubah selain dengan penambahan kapasita mesin adalah tampilannya yang benar-benar segar. Meski menjadi lebih bongsor, namun tampilan modern ini dinilai ideal dengan kondisi dan minat pasar kekinian.

Kekurangan Vario 160

Peluncuran All New Honda Vario 160 secara daring di DIY - (SuaraJogja.id/HO-Astra Motor Yogyakarta)
Peluncuran All New Honda Vario 160 secara daring di DIY - (SuaraJogja.id/HO-Astra Motor Yogyakarta)

1. Kapasitas Bagasi Kecil

Jika dibandingkan dengan motor pesaing, seperti Yamaha Aerox atau Honda PCX, kapasitas bagasi yang dimiliki terbilang kecil. Anda hanya bisa menikmati bagasi dengan volume 18 liter saja, yang dipadukan dengan tangki bahan bakar 5,5 liter. Aerox memiliki kapasitas hingga 25 liter, selisihnya cukup jauh bukan?

2. Suspensi Belakang Tunggal

Entah berniat memberikan kesan sporty atau bagaimana, namun suspensi tunggal di bagian belakang justru membuat banyak pihak meragukan kestabilan manuver yang dimiliki motor ini. Meski pada kenyataannya model swing arm sudah digunakan namun dari sisi stabilitas tetap lebih unggul motor dengan suspensi ganda di bagian belakang.

Sedikit informasi mengenai Vario 160 terbaru 2021 di atas semoga bisa menambah bahan pertimbangan Anda dalam membeli motor. Selamat melanjutkan aktivitas.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar