facebook

Maserati Luncurkan MC20 Cielo, Siap Distribusi Mulai 2023

RR Ukirsari Manggalani
Maserati Luncurkan MC20 Cielo, Siap Distribusi Mulai 2023
Penampilan butterfly doors pada MC20. Sebagai ilustrasi [Maserati SpA].

Maserati menandaskan keberadaan produk MC20 Cielo merujuk kepada kualitas, bukan kuantitas.

Suara.com - Rabu (25/5/2022), Maserati meluncurkan MC20 Cielo di Modena, Italia. Bersama pendahulunya, MC20, supercar ini akan diproduksi  dalam kapasitas manufaktur sebanyak 1.400 unit per tahun.

Dikutip kantor berita Antara dari Reuters, kemungkinan Maserati akan melakukan distribusi MC20 Cielo mulai kuartal pertama 2023.

Artinya, Maserati MC20 Cielo baru bisa berkontribusi terhadap penjualan perusahaan untuk tahun depan. Sekaligus menandakan bahwa Maserati akan fokus pada kualitas produk, bukan kuantitas penjualan.

Pengumuman kemenangan Maserati MC20 di Guangzhou, Chine [Maserati S.p.A].
Maserati MC20 meraih gelar Car of The Year 2021 di Guangzhou, China [Maserati S.p.A].

Maserati yang mencetak laba bisnis tahun lalu telah menjual 24.200 unit mobil untuk 2021, lebih banyak 7.300 unit dibandingkan 2020. Kendati demikian, jumlah itu masih jauh dari puncak penjualan 51.500 unit pada 2017.

Baca Juga: China Minta Mercedes-Benz, Maserati, dan BMW Lakukan Recall Terkait Komponen dan Software

"Sukses dalam jumlah penjualan, belum tentu untuk pelanggan," jelas Davide Grasso, Chief Executive Officer (CEO) Maserati.

Ia menyayangkan adanya tingkat kerusakan produk yang dialami Maserati pada periode 2020 justru lebih tinggi dari rata-rata mobil pasar mewah.

"Serasa tengah berada di lingkaran setan, ada mobil yang tidak terjual sehingga diskon yang ditawarkan semakin besar. Saat itu kami tidak cukup baik untuk memberikan kualitas, powertrain baru, fitur infotainment," imbuhnya.

Beruntung, kinerja Maserati terus meningkat tahun ini dan 2023 untuk pangsa pasar, produk, pendapatan, dan margin.

Baca Juga: Sah, Meluncur Sudah Maserati Grecale

Maserati MC20 Cielo [Maserati via ANTARA].
Maserati MC20 Cielo [Maserati via ANTARA].

Chief Commercial Officer Maserati, Bernard Loire mengatakan penjualan mereka berpotensi mencapai 30.000 unit pada tahun ini, meskipun itu bukanlah target perusahaan.

"Itu proyeksi berdasarkan kinerja kami saat ini," katanya sembari menambahkan China adalah pasar terbesar kedua Maserati setelah Amerika Serikat.

Untuk spesifikasi Maserati MC20 Cielo, dapur pacunya dihuni mesin enam silinder 3.000cc dengan kecepatan tertinggi 320 km per jam.

Banderol 277.000 dolar Amerika Serikat atau mencapai Rp 4 miliar. Lebih mahal dari model entry level brand Ferrari dan Aston Martin.

Komentar