facebook

6 Penyebab Motor Beat Mati Mendadak: Mulai dari Busi Usang hingga Terlalu Panas, Ini Sederet Biang Keroknya

Cesar Uji Tawakal
6 Penyebab Motor Beat Mati Mendadak: Mulai dari Busi Usang hingga Terlalu Panas, Ini Sederet Biang Keroknya
Ilustrasi Honda Beat. (Astra Motor)

Apakah motor Beat Anda pernah mendadak mati saat sedang Anda kendarai? Kira-kira apa penyebabnya? Nah, berikut ini penyebab motor Beat mati mendadak.

Suara.com - Apakah motor Beat Anda pernah mendadak mati saat sedang Anda kendarai? Hal ini tentunya membuat Anda was-was, panik, dan bertanya-tanya apa penyebabnya. Penyebab paling umum motor Beat mendadak mati yaitu kehabisan bensin. Selain itu, ada juga penyebab lainnya. Adapun penyebab motor beat mati mendadak yakni sebagai berikut.

Diketahui, Beat adalah salah satu merek motor matik yang diproduksi oleh Honda. Beat disebut sebagai endaraan sejuta umat karena sangat laris di pasaran. Bodinya yang ramping dan harganya yang ramah di kantong membuat motor disukai banyak orang.

Namun, seperti motor-motor lainnya, Honda Beat juga perlu perawatan. Terlebih lagi Beat ini jenis motor matic, yang mana perlu perawatan khusus jika dibanding motor bebek maupun sport. Jika Beat tidak dirawat dengan benar, maka jangan kaget jika tiba-tiba motor mendadak mati di jalan.  

Lantas, kira-kira apa saja penyebab motor Beat mati mendadak? Dihimpun dari sejumlah sumber,  berikut ini beberapa penyebabnya yang perlu Anda perhatikan

Baca Juga: Fungsi Thermostat pada Mobil: Yuk Simak Biar Makin Tahu!

1. Mesin overheat 

Jika mesin overheat atau terlalu panas, maka ini bisa menyebabkan Beat mati mendadak. Umumya, ini terjadi pada matik yang memiliki pendingin udara yang kehabisan cairan radiator. Jika tidak ada pendingin air radiator, maka akan terjadi sumbatan pada aliran sirkulasi oli yang menuju ke mesin. Jika Mesin terlalu panas (overheat), ini membuat mesin motor mati mendadak.

2. Filter udara kotor 

Penyebab lainnya motor mati mendadak yaitu dikarenakan filter udara yang kotor. Hal ini membuat aliran udara menjadi tersumbat serta sistem pembakaran terganggu sehingga menyebabkan motor matik mendadak mati.

3. Pengapian lemah 

Baca Juga: Fungsi Radiator Mobil: 5 Bagian Ini Punya Peran Masing-Masing, Apa Saja?

Pengapian yang lemah atau bahkan mati juga jadi salah satu tanda yang menyebabkan motor Beat Anda mendadak mati. Ini dipicu oleh busi yang yang tidak memiliki daya untuk menghantarkan percikan api menuju ruang bakar. 

4. Bahan bakar salah 

Penyebab lainnya yang juga dapat menyebab Beat Anda mati mendadak yaitu karena menggunakan bahan bakar yang salah. Jika Ansa kerap mengganti bensin menggunakan oktan yang rendah, ini bisa menyebabkan motor mati atau tida bisa dinyalakan. 

Hal tersebut dipicu adanya penyumbatan saluran bahan bakar yang membuat kinerja karburator dan injeksi jadi tidak optimal. Ini berakibat kotoran dari residu bahan bakar membuat motor mati mendadak. 

5. Karburator terkena air 

Karburator yang terkena air juga bisa menyebabkan motor mendadak mati. Pasalnya, fungsi karburator ini sebagai pencampur bahan bakar dan udara untuk guna proses pembakaran pada ruang mesin. Jika karburator terkena air, maka menyebabkan terganggunya sistem pembakaran dan  menyebabkan mogok. 

6. Kesalahan pengaturan sistem bahan bakar

Kesalahan pada pengaturan injeksi atau karburator atau injeksi juga dapat memicu motor mendadak mati. Oleh karena itu, pastikan Anda melakukan settingan atau pengaturan yang bener dengan memilih bengkel yang berisi para mekananik berpengalaman. Agar mereka bisa mengatur sistem bahan bakar dengan benar.

Demikian ulasan mengenai penyebab motor Beat mati mendadak yang penting untuk diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar