facebook

Wisma BCA Foresta Dilengkapi SPKLU, Hadirkan Nilai Tambah Bagi Pengguna Mobil Listrik

RR Ukirsari Manggalani
Wisma BCA Foresta Dilengkapi SPKLU, Hadirkan Nilai Tambah Bagi Pengguna Mobil Listrik
Pengemudi melakukan pengisian ulang mobil bertenaga listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Wisma BCA Foresta, Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (16/6/2022) [ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/hp].

BCA membangun gedung konsep hijau atau green building yang selaras kebutuhan masyarakat menuju era kendaraan terelektrifikasi.

Suara.com - Direktur BCA Frengky Chandra Kusuma menyatakan bahwa mobil listrik telah menjadi salah satu teknologi yang dilirik masyarakat Indonesia. Sehingga kehadiran Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU di Wisma BCA Foresta menghadirkan nilai tambah bagi masyarakat yang membutuhkan pengisian daya mobil listrik.

Wisma BCA Foresta berlokasi di Jalan BSD Raya Utama Kav. Commercial Foresta Business Lot L1, Tangerang, Banten.

Bangunan yang diresmikan sebagai kantor pusat bank BCA di Oktober 2020 ini termasuk dalam kelompok bangunan hijau (green building) pertama dengan dukungan teknologi ramah lingkungan. Termasuk dilengkapi panel surya dan sistem pendingin.

BCA Expoversary 2022 secara offline di ICE BSD Tangerang menyedot 18 ribu pengunjung dalam empat hari pergelaran. Minat seru bisa disimak di gerai otomotif [BCA].
BCA Expoversary 2022 secara offline di ICE BSD Tangerang menyedot 18 ribu pengunjung dalam empat hari pergelaran. Sebagai ilustrasi kegiatan pembiayaan otomotif BCA [BCA].

Di kompleks bangunan, Wisma BCA menghadirkan fasilitas SPKLU, bekerja sama dengan EV Cuzz, perusahaan yang bergerak di bidang pengisian daya kendaraan listrik.

Baca Juga: Kendala Perangkat Lunak, Ford F-150 Lightning Bakal Recall

Fasilitas SPKLU itu bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat yang berada di sekitar Wisma BCA Foresta karena beroperasi 24 jam selama tujuh hari.

Terdapat dua jenis mesin pengisian dengan kapasitas 7 kilowatt (kW) yang dapat melakukan pengisian selama enam jam dan 22 kW dengan pengisian selama dua jam.

Untuk melakukan pengisian daya, pengendara dapat melakukan dengan mandiri dan memastikan telah terhubung dengan aplikasi EV Cuzz yang dapat diunduh di ponsel pintar konsumen.

"Kolaborasi yang dilakukan oleh BCA dan EV Cuzz juga sejalan dengan agenda prioritas pemerintah dalam Presidensi G20 terkait transisi energi berkelanjutan khususnya percepatan pengembangan ekosistem kendaraan listrik," jelas Frengky Chandra Kusuma.

Dari riset yang dilakukan oleh Kementerian Perindustrian dengan menggandeng Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, perguruan tinggi serta industri otomotif menyimpulkan bahwa mobil listrik dinilai mampu menghemat energi hingga 80 persen dibandingkan mobil konvensional.

Baca Juga: Kunjungan ke Okazaki Plant, Menperin Test Drive Mobil Listrik Mitsubishi eK X EV

Kementerian Perhubungan pun mencatat hingga 16 Maret 2022, terdapat 16.060 unit kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di Tanah Air. Atas dasar ini, BCA pun memahami pentingnya mengembangkan fasilitas yang mendukung pembangunan kelestarian lingkungan seperti SPKLU.

Sebagai salah satu perbankan yang mengedepankan transisi ekonomi hijau dalam bisnisnya, BCA memiliki divisi Environmental, Social, and Governance (ESG) atau Lingkungan, Sosial, dan Tata kelola (LST).

Komentar