facebook

Pemilik Motor Honda Dibikin Heran dengan Kejanggalan STNK, Data Tertulis Vario 150 tapi Piston Pakai Vario 125

Rima Sekarani Imamun Nissa | Gagah Radhitya Widiaseno
Pemilik Motor Honda Dibikin Heran dengan Kejanggalan STNK, Data Tertulis Vario 150 tapi Piston Pakai Vario 125
Honda Vario 150 Exclusive Matte Black (AHM/Suara.com).

Kenapa data STNK untuk Honda Vario dengan piston ini bisa beda, sih?

Suara.com - STNK menjadi surat yang wajib dibawa pemotor ketika berkendara di jalan. Di dalam STNK, terdapat beberapa kolom berisi data mulai dari identitas kepemilikan pelat nomor polisi, nama dan alamat pemilik motor, hingga identitas mobil tersebut

Identitas kendaraan tersebut mencakup merk/tipe, model/jenis kendaraan, tahun pembuatan, tahun perakitan, warna, isi silinder, nomor rangka, nomor BPKB, nomor mesin, bahan bakar, warna TNKB, kode lokasi, dan lainnya.

Biasanya, data tersebut sudah sesuai dengan motor yang dipunyai pemilik kendaraan. Namun, ternyata hal tersebut tak sepenuhnya benar. Hal ini terlihat dalam unggahan akun TikTok my.namehakim.

Pemilik akun tersebut curhat kalau ada kejanggalan pada data STNK yang dimilikinya. Ia memperlihatkan data di STNK yang menunjukkan kapasitas mesin tertulis 150 cc.

Baca Juga: Disebut Dealer Motor Berkedok Warmindo, Menu Terakhir di Warung Makan Ini Bikin Warganet Heran

Ia kemudian membandingkan pada piston blok dan head motornya yang ternyata bukan milik Honda Vario 150, melainkan Vario 125.

Pemilik Honda Vario menemukan kejanggalan pada STNK dan blok mesinnya (TikTok/my.namehakim)
Pemilik Honda Vario menemukan kejanggalan pada STNK dan blok mesinnya (TikTok/my.namehakim)

"Di STNK Vario 150. Pas dibongkar, mesinnya piston blok sama headnya Vario 125. Kasih pendapat dong suhu, ini emang kesalahan dealer atau emang ada yang sengaja nuker?" tulis narasi dalam video tersebut.

Video ini pun menarik perhatian warganet. Mereka lalu memberikan komentar di unggahan tersebut.

"Paling ditukar sebendel blok head sama boringnya kalau masalah pen seher mah gampang bisa ke tukang bubut. Jadi sudah fix ditukar," tulis seorang warganet di kolom komentar.

"Kalau menurut saya ditukar itu. Mas coba baut-bautnya ada lem tribonnya enggak pas dibongkar. Kemarin kalau enggak ada berarti sudah pernah bongkaran," komentar warganet lain.

Baca Juga: Motor yang Cocok untuk Anak Muda, Ini Sederet Pilihannya

"Kesalahan dealer gimana maksudnya? Dealer apa pabrik ? Gue kerja di Honda soalnya, nggak mungkin kalau dari pabrik kesalahan ngasih blok & head 125," celetuk warganet lainnya.

Untuk melihat video selengkapnya, klik DI SINI!

Komentar