facebook

Gunakan Rute Perjalanan Darat, Ini Moda Transportasi Presiden Joko Widodo ke Ukraina

RR Ukirsari Manggalani
Gunakan Rute Perjalanan Darat, Ini Moda Transportasi Presiden Joko Widodo ke Ukraina
Presiden Joko Widodo beserta rombongan bersiap menaiki kereta luar biasa dari Stasiun Central Kyiv, Ukraina, pada Rabu (29/6/2022), untuk melakukan perjalanan kembali ke Polandia dan bersiap melanjutkan lawatan ke Rusia. [ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden]

Kepala Negara RI dan rombongan menggunakan night train dalam kunjungan kenegaraan ini, dengan titik keberangkatan di Polandia.

Suara.com - Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan rombongan mengadakan kunjungan ke Ukraina, untuk bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Dikutip dari Sekretariat Kabinet RI, rombongan Presiden RI bertolak menuju Kyiv, ibu kota Ukraina pada Selasa (28/6/2022) menggunakan rute perjalanan darat.

Berawal dari Stasiun Kereta Api Przemyl Gówny di Kota Przemyl, Polandia menggunakan Kereta Luar Biasa Jarak Jauh atau Long-Distance Extraordinary Train. Kereta ini disiapkan Pemerintah Ukraina bagi para kepala negara yang berkunjung ke Ukraina.

Pertemuan tete-a-tete antara Presiden Jokowi dengan Presiden Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022). (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Pertemuan tete-a-tete antara Presiden Jokowi dengan Presiden Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022). (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sebagai catatan, kereta luar biasa tadi termasuk kategori night train dengan fasilitas eksklusif, sleeper super VVIP. Durasi perjalanan berkisar 12 jam, dan bertolak dari Peron 4 stasiun Przemyl Gówny.

Baca Juga: Asisten Gedung Putih Berikan Kesaksian Mantan Presiden Donald Trump Pernah Rebutan Setir Limosin

Tiba di Kyiv Central Station, Kyiv, ibu kota Ukraina pada Rabu (29/6/2022), Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara disambut Dmytro Senik, Wakil Menteri Luar Negeri Ukraina, Taras Kachka, Kepala Komisi Hubungan Antar Pemerintah Ukraina-Indonesia, serta pejabat dari KBRI Kyiv.

Presiden Jokowi dan rombongan menuju Ukraina (Twitter/murtadhaOne1)
Suasana di kereta Long-Distance Extra Ordinary Train, tampak Presiden Joko Widodo dan rombongan menuju Ukraina (Twitter/murtadhaOne1)

Acara yang dihadiri Presiden dan Ibu Negara di Ukraina adalah mengunjungi reruntuhan kompleks Apartemen Lipky di kota Irpin.  Kemudian menuju Pusat Ilmu dan Bedah Endokrin Ukraina, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin di Kota Kyiv.

Kemudian puncaknya adalah menuju Mariinsky Palace di Kyiv, untuk bertemu Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy pada sore hari.

Presiden Jokowi menaiki kereta luar biasa yang berangkat dari Peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, menuju Kyiv, Ukraina, Selasa (28-6-2022). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr.
Presiden Joko Widodo menaiki dari Peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, menuju Kyiv, Ukraina, Selasa (28-6-2022) [ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr].

Selanjutnya, Presiden Jokowi, Ibu Iriana beserta rombongan menuju ke Kyiv Central Station, dan kembali melakukan perjalanan kereta ke tujuan stasiun Przemyl Gówny di Polandia.

Baca Juga: Toyota GAZOO Racing Sapu Bersih Podium 1,2,3,4 di Safari Rally Kenya 2022 Bersama GR Yaris Rally1

Komentar