facebook

Ciptakan Afiliasi Baru di Amerika Serikat, Hyundai Berikan Nama Sementara HMG Global

RR Ukirsari Manggalani
Ciptakan Afiliasi Baru di Amerika Serikat, Hyundai Berikan Nama Sementara HMG Global
Tampilan produk swakemudi Hyundai Mobis di CES 2018, Las Vegas. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Hyundai menciptakan sebuah afiliasi baru di Negeri Paman Sam.

Suara.com - Sebagai tindak lanjut dari janji menginvestasikan 10,5 miliar dolar Amerika Serikat (AS) ke Negeri Paman Sam, Hyundai Motor Group (HMG) mengatakan sedang mendirikan afiliasi investasi baru di negara itu.

Dikutip kantor berita Antara dari kantor berita Korea Selatan, Yonhap pada Jumat (1/7/2022), investasi ini dicanangkan saat Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengunjungi Korea Selatan untuk pertemuan puncak dengan Presiden Yoon Suk-yeol.

Kemudian, Euisun Chung, Ketua Grup Hyundai Motor mengadakan pertemuan langsung dengan Presiden Joe Biden di Seoul pada Mei, menjanjikan investasi tambahan 5 miliar dolar AS di pasar Amerika Serikat untuk membangun kendaraan listrik dan pabrik sel baterai di Georgia.

Baca Juga: Ujaran Rasis Nelson Piquet Kepada Hamilton Berbuah Sanksi BRDC, Mendiang Ayrton Senna Juga Pernah Jadi Sasarannya

Kini, realisasi dilakukan lewat dibentuknya afiliasi baru di Amerika Serikat, sementara dinamakan HMG Global.

Afiliasi ini akan didirikan di Delaware dan didanai oleh tiga andalan Hyundai, yaitu Hyundai Motor Company, Kia Corporation, dan Hyundai Mobis Company.

Tujuannya mendorong mesin pertumbuhan masa depan mulai dari robotika dan mobilitas udara perkotaan hingga teknologi swakemudi.

Konsep mobil terbang Hyundai. [Dok Hyundai Motor]
Konsep mobil terbang Hyundai. [Dok Hyundai Motor]

"Pembentukan afiliasi baru akan memungkinkan kami untuk lebih cepat berinvestasi di perusahaan dengan teknologi baru di Amerika Serikat, rumah bagi banyak perusahaan inovatif, dan kami diharapkan untuk mengelolanya secara efisien," demikian pernyataan HMG Global.

Hyundai Motor dan afiliasinya yang lebih kecil, Kia, bersama-sama akan menyuntikkan dana gabungan sebesar 578 juta dolar AS untuk unit HMG Global.

Baca Juga: Pamerkan Interior Hyundai Stargazer, Ada Elemen Mirip Wuling Confero

Hyundai Motor dan Hyundai Mobis, afiliasi pembuatan suku cadang mobil, juga akan mentransfer saham pengendali mereka di Boston Dynamics, sebuah perusahaan robotika Amerika Serikat yang diakuisisi Hyundai dua tahun lalu, ke HMG Global.

Dengan demikian, Hyundai Motor akan memiliki 49,5 persen di afiliasi HMG Global, dan Kia memiliki 30,5 persen, serta saham Hyundai Mobis 20,5 persen.

Afiliasi HMG Global yang baru diharapkan akan diluncurkan sekitar Agustus setelah disetujui.

Komentar