Sudah Teken Perjanjian dengan Dorna, Arab Saudi Bakal Segera Gelar MotoGP

RR Ukirsari Manggalani
Sudah Teken Perjanjian dengan Dorna, Arab Saudi Bakal Segera Gelar MotoGP
MotoGP Qatar di Sirkuit Losail (18/3/2018). Sebagai ilustrasi kegiatan balap roda dua di negara dekat Teluk Arab [AFP/Karim Jaafar]

Setelah menjadi tuan rumah serangkaian nomor sport otomotif, Arab Saudi bersiap untuk MotoGP.

Suara.com - Kerajaan Arab Saudi menjadikan sektor sport otomotif sebagai salah satu dari sumber pemasukan negara. Selain menatahkan namanya di pentas internasional.

Setelah menjadi tuan rumah Dakar Rally atau Reli Dakar mulai 2020, Arab Saudi menggelar balap Formula 1 atau F1 pada 2021 di sirkuit jalan raya Jeddah.

Dikutip kantor berita Antara dari kantor berita AFP, kekinian langkah Arab Saudi untuk menggelar balap roda dua terkenal, MotoGP semakin dekat.

Ilustrasi Kota Riyadh. [Shutterstock]
Ilustrasi Kota Riyadh [Shutterstock]

Negara kerajaan yang berlokasi dekat Teluk Persia atau Teluk Arab ini sudah menandatangani perjanjian dengan Dorna, promotor MotoGP.

Baca Juga: Ide "Gila", Ronaldo Bisa Main Sepak Bola di Al Nassr Sampai Usia di Atas 40 Tahun

Pada Senin (5/9/2022), Dorna Sports dan Saudi Motorsport Company disebutkan telah "memastikan penandatanganan Nota Kesepahaman yang menguraikan niat bersama mereka membawa seri balap motor utama dunia itu ke Saudi Arabia".

Juga ditambahkan bahwa penambahan Arab Saudi dalam kalender MotoGP akan membuat olah raga ini berkembang lebih jauh sampai Timur Tengah. Di mana sebelumnya Qatar menjadi satu-satunya tuan rumah MotoGP untuk wilayah Teluk Arab dan sekitarnya.

Diperkirakan, sirkuit MotoGP Saudi Arabia mungkin dibangun di Qiddiya, kota wisata besar yang tengah disiapkan dekat Riyadh, ibu kota Kerajaan Arab Saudi.

Calon sirkuit baru ini akan dibangun di bawah persetujuan dan homologasi dua badan sport otomotif dunia, Federasi Otomotif Internasional (FIA) dan Sepeda Motor (FIM).

Baca Juga: Skandal Juventus, Cristiano Ronaldo Terancam Dilarang Main