Rekomendasi 15 Mobil Elektrifikasi yang Beredar di Pasar Otomotif Indonesia

RR Ukirsari Manggalani
Rekomendasi 15 Mobil Elektrifikasi yang Beredar di Pasar Otomotif Indonesia
Kompartemen mesin All-New Toyota Kijang Innova Zenix varian hybrid [ANTARA/Fathur Rochman]

Silakan pilih, mulai model supply tenaga seperti BEV dan PHEV, sampai kategori SUV, dan small, city car. Tersedia dalam berbagai budget.

Suara.com - Hadirnya All-New Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di pasar Tanah Air pada awal pekan ini, Senin (21/11/2022) menambah daftar panjang keberadaan mobil elektrifikasi untuk konsumen. Pilihan bisa disebut melimpah, mulai tenaga murni listrik dengan Battery Electric Vehicle (BEV) sampai Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Demikikan pula kategorinya. Mulai Sport Utility Vehicle atau SUV hingga city car.

Di sisi lain, sederet pilihan ini bisa menjadi wacana betapa para brand menyelaraskan visi dan misi penjualan produk mereka dengan kebijakan pemerintah dlam melakukan transisi pemakaian kendaraan ramah lingkungan. Termasuk produk elektrifikasi. Baik versi BEV, PHEV, dan seterusnya.

Dikutip dari kantor berita Antara, berikut adalah daftar bermacam brand dan model mobil listrik yang bisa menjadi pilihan konsumen. Silakan dipilih:

1. All-New Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

Baca Juga: Tutup Penjualan 2022, Toyota Memimpin Pasar Otomotif Nasional dengan Dukungan Produk Mobil Hybrid

Produk elektrifikasi terbaru dari Toyota. Mengadopsi platform global TNGA (Toyota New Global Architecture) dengan struktur monokok berpenggerak roda depan serta teknologi Toyota Hybrid System generasi kelima. Buatan Toyota Plant Karawang, Jawa Barat.

Platform baru mampu mewadahi berbagai teknologi terbaru All-New Toyota Kijang Innova Zenix seperti mesin 2.0L TNGA, generasi kelima Toyota Hybrid System, serta transmisi 10-Speed Direct Shift CVT.

Harga mulai Rp 458 juta (tipe G), Rp 532 juta (tipe V) dan Rp 611 juta (tipe Q) on the road.

All-New Toyota bZ4X resmi meluncur di Tanah Air pada Kamis (10/11/2022) [PT Toyota-Astra motor].
All-New Toyota bZ4X resmi meluncur di Tanah Air pada Kamis (10/11/2022) [PT Toyota-Astra motor].

2. All-New Toyota BZ4X

All-New Toyota BZ4X adalah mobil listrik murni bertenaga 214 dk dengan torsi maksimum 266 Nm. Didatangkan langsung dari Jepang dalam bentuk Completely Built Up (CBU).

Baca Juga: Volkswagen Pimpin Penjualan Mobil Listrik Berbasis Baterai, Buktikan Konsistensi Produksi Kendaraan Elektrifikasi

Platform e-TNGA atau versi refinement Toyota New Global Architecture (TNGA) untuk produk elektrifikasi.