Nissan Serena Generasi Keenam Naik Panggung, Tampilkan Wajah Baru dan Teknologi Canggih

RR Ukirsari Manggalani
Nissan Serena Generasi Keenam Naik Panggung, Tampilkan Wajah Baru dan Teknologi Canggih
Nissan Serena edisi 2023 tampil dalam dua varian [ANTARA/HO Nissan].

Nissan Serena menghadirkan dua varian untuk produk generasi keenam ini.

Suara.com - Nissan Serena generasi keenam diperkenalkan, produk memperlihatkan sederet pembaruan. Mulai facelift pada tampilan eksterior dan interior, sampai teknologi yang disematkan pada sederet fitur andalannya.

Dikutip kantor berita Antara dari laman resmi Nissan di awal pekan ini (29/11/2022), model terbaru Nissan Serena ini diciptakan untuk pasar otomotif domestik atau dalam negeri Jepang. Antara lain lini teknologi yang mengalami penyegaran, fiturm sampai nilai-nilai efisiensi dan kepraktisan.

Antara lain ditengok dari tampilan fisik, desain terbaru dari Nissan menghadirkan eksterior sudah dilengkapi LED mewah yang menyatu dengan grille V-motion di bagian depan. Sementara bodywork tampil lebih rigid, menyodorkan kokohnya kendaraan dengan lekukan lebih dalam, namun mempertahankan dimensi otak khas minivan ini.

Interior Nissan Serena edisi 2023 yang bisa diubah konfigurasinya dari 7-seater menjadi 8-seater [ANTARA/HO Nissan].
Interior Nissan Serena edisi 2023 yang bisa diubah konfigurasinya dari 7-seater menjadi 8-seater [ANTARA/HO Nissan].

Untuk Nissan Serena generasi keenam ini, pihak produsen menghadirkan dua varian. Yaitu Serena Luxion yang menjadi varian tertinggi hadir dilengkapi bumper dan side skirt lebih menonjol, menampilkan grille menyatu intake bawah.

Baca Juga: Meluncur di India, MG Hector 2023 Hadir dalam Versi Hybrid dan Konvensional

Sementara bagi para penyuka desain lebih sporty dan premium, bisa memilih Serena Autech dengan eksterior berlapis krom dan jok produk aftermarket.

Secara dimensi, Nissan Serena terbaru ini tidak begitu jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Generasi keenam ini memiliki dimensi panjang 4.690 atau 4.765 mm, lebar 1.695 atau 1.715 mm, tinggi 1.870 atau 1.885 mm dan jarak sumbu roda 2.870 mm.

Kemudian Nissan Serena ini dilengkapi pintu geser yang dioperasikan secara hands-free opsional dan pintu belakang ganda untuk memudahkan bongkar muat di ruang sempit.
 
Dalam hal keselamatan, Serena Luxion sudah dilengkapi dengan ProPILOT 2.0 suite yang memungkinkan pengemudi semakin nyaman dalam berkendara di jalan raya dan dapat mengingat ruang parkir. Sedangkan untuk trim yang lebih rendah, semuanya mendapatkan ProPILOT reguler sebagai standar.

Untuk dapur pacu Nissan Serena, berikut detailnya:

  • Mesin hybrid: mesin tiga silinder 1,4L dilengkapi motor listrik tunggal yang menghasilkan tenaga 161 dk (120 kW di 163 PS) dan torsi 315 Nm (232 lb-ft). Lantas dilengkapi stop kontak 100v AC (1.500 Watt) opsional.
  • Mesin ICE atau ruang bakar konvensional: mesin 2,0L empat silinder yang menghasilkan tenaga 148 dk (110 kW di 150 PS) dan torsi 200 Nm (148 lb-ft).

Lanjut ke sektor interior, Nissan Serena paling gres ini memiliki ruang kaki pengemudi ekstra 120 mm (4,7 inci) dibandingkan pendahulunya. Sementara kursi tengah serbaguna di baris kedua mengubah tata letak interior dari 7-seater menjadi 8-seater. Setiap penumpang memiliki akses ke kantong smartphone, cupholder, port USB, dan Wi-Fi onboard.

Baca Juga: Baru Kali Ini Lihat Bola Dicas Sebelum Dipakai, Ada Teknologi Canggih Bekerja di Piala Dunia 2022 Qatar

Sedangkan dasbor cukup modern dengan kokpit yang sepenuhnya digital dan girboks otomatis dioperasikan pakai tombol di sebelah panel sentuh untuk kontrol iklim.