alexametrics

Pohon Tumbang Melintang ke Jalan, Arus Lalin Jalan Tamansari Sempat Tersend

Pohon Tumbang Melintang ke Jalan, Arus Lalin Jalan Tamansari Sempat Tersend

KAPOL.ID—Senin (18/10/2021) pagi, sekitar pukul 09.00, pohon tinggi-besar tumbang di Kota Bandung. Tepatnya di Jl. Tamansari, Coblong. Akibatnya, arus lalu lintas tersendat. Lantaran batang pohon melintang ke jalan.

Mengutip dari suara.com, pohon tersebut berjenis jenitri dengan ketinggian lebih dari 15 meter. Ranting pohon nyaris menimpa kandang macan dan tidak memakan korban. Sementara dinding pembatas Kebun Binatang Bandung mengalami sedikit kerusakan.

“Di dalam (area Kebung Binatang) tidak ada orang (tertimpa), itu area parkir dekat kandang macan,” terang petugas Kebun Binatang Bandung kepada suara.com.

Untuk mengurai kemacetan, sejumlah petugas dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPK3P) Kota Bandung terjun untuk memotong pohon. Alhasil, sekitar pukul 12.00, arus lalu lintas mulai normal kembali.

Pada proses evakuasi pohon, petugas DPK3P menemukan bahwa pohon tersebut juga menimpa kabel listrik. Pada beberapa bagian kabel bahkan sempat terlihat percikan api. Setrum juga sempat menyengat salah satu petugas, sekalipun tegangannya lemah.

Petugas kelurahan setempat, Tina Zulaiha mengemukakan bahwa sejatinya pihaknya rutin melakukan pemantauan pohon yang rawan tumbang. Hasilnya diinformasikan kepada pihak DPK3P.

“Kami juga mengimbau masyarakat untuk hati-hati terlebih saat musim hujan. Masyarakat juga bisa ikut melaporkan kalau melihat ada pohon yang rawan tumbang, bisa lewat postingan Instagram atau tag saja Dinas terkait atau akun kelurahan,” tandasnya. Penulis: Indri Gita Pertiwi

Terkini