Tim Verifikasi DKP Babel Lakukan Pembinaan CBIB ke PT BIM Parit Tiga Jebus

Tim Verifikasi DKP Babel Lakukan Pembinaan CBIB ke PT BIM Parit Tiga Jebus
home Lokal Bangka Barat Tim Verifikasi DKP Babel Lakukan Pembinaan CBIB ke PT BIM Parit Tiga Jebus Sabtu, 08 Agustus 2020 | 13:12 WIB Tim Verifikasi DKP Babel Lakukan Pembinaan CBIB ke PT BIM Parit Tiga Jebus . Foto Ist. Loading...

KlikBabel.com, Jebus - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Tim Verifikasi Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB) melakukan kunjungan ke PT Bakit Indah Mandiri yang berlokasi di Jalan Raya Bakit Parittiga Jebus, Bangka Barat, Jumat (7/8/20).

Tujuan kunjungan tim verifikasi dari DKP tersebut yakni dalam rangka pembinaan petambak udang vaname (litopenaeus vannamei) untuk bisa menerapkan proses produksi udang vaname yang memberi jaminan keamanan pangan.

Saat meninjau lokasi seputaran tambak, dikatakan ketua tim yang juga menjabat JFT Pengawas Perikanan Bidang Pembudidayan Ikan, Suti Maryati bahwa, PT Bakit Indah Mandiri sudah menerapkan pedoman pembesaran udang vanname yang dianjurkan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI seperti : - Sudah tersedianya biosecurity yaitu celup roda di depan pintu masuk lokasi tambak, - Cuci tangan di areal tambak, - Areal tambak telah terpasang pagar sehingga tidak sembarang personil bisa masuk kawasan tambak, - In let dan out let sudah memenuhi syarat, serta - Sarana prasarana benih pakan obat-obatan telah mengikuti prosedural.

“Seperti kita ketahui, udang vanname merupakan komoditas perikanan ekonomis tinggi, artinya mempunyai prospek ekspor yang bagus. Untuk itu, ketentuan ekspor harus memiliki standar keamanan pangan yaitu telah terbitnya sertifikasi CBIB,” ungkapnya kepada humas DKP di sela-sela kunjungannya.

Namun, tim verifikasi menemukan belum dilakukan treatment pada kolam IPAL dua dan tiga yang jumlah keseluruhan ada empat kolam. Sementara kolam satu dan empat telah memiliki standar treatment yang baik.

Anjuran dari pihak tim verifikasi sebaiknya kolam IPAL dilapisi plastik karena dikhawatirkan longsor terkait jenis tanah yang berpasir. Saat dikonfirmasi terpisah melalui telepon seluler, penasehat, sekaligus Penanggung Jawab Perusahaan BIM Bambang mengatakan bahwa pengerjaan treatment untuk kolam IPAL dua dan tiga dilakukan bertahap dikarenakan masih melakukan pengerjaan kolam budi daya.

“Dua hari sebelum lebaran, pihak perusahaan mendatangi DKP Babel guna mengikuti rapat tentang tata ruang laut. Oleh karena itu, kami mengerjakannya step by step untuk treatment kolam dua dan tiga dan lebih fokus untuk membuat kolam budi daya terlebih dahulu," ungkapnya.

PJ Perusahaan BIM Bambang juga menyambut baik kedatangan tim verifikasi dari DKP Babel yang telah melakukan pembinaan dan observasi lapangan sebagai motivasi agar dapat lebih baik lagi dalam hal produksi udang vanname.

Loading... loading...
Penulis  : Farah
Editor    : Vigestha R Dwiyarda
Sumber : Diskominfotik BabelProv

bagikan
halaman ini         Berita Terkait Unit Metallurgi PT Timah Memberi Bantuan APD ke PMI Bangka Barat Usai Pemberkatan, Ada Prosesi Adat di Pernikahan Bupati Bangka Barat Ketua DPRD Babar : Ada Permasalahan di Manajemen RSUD Sejiaran Setason Ingin Jadi Wakil Bupati Bangka Barat, Kadis PU Babel dekati Partai Kasatlantas Babar dan Kapolsek Tempilang Berganti Topik #Pemprov Babel 198 Regu Meriahkan Gerak Jalan Bangka Barat Tertinggi Kasus Gizi Kronis, Bupati Babar Sebut Data Lama Gub : Kalau Berpikir untuk Daerah Ya Harus Hadir PT Timah Punya Peranan Besar di Babel Anak 9 Sampai 15 Bulan Rentan Terkena Campak dan Rubella Ketua Komisi II DPRD Babar Meninggal Dunia Komentar Berita Terbaru 4 Hours 20 Unit Damkar Diterjunkan ke 2 Lokasi Kebakaran di Penjaringan Pagi Ini 5 Hours Akui Suka Amanda Caesa, Dul Jaelani : Satu Frekuensi 5 Hours TikTok Bakal Punya Aplikasi TV 5 Hours Kemendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat dalam Kondisi Khusus 5 Hours Best 5 Oto: Lexus LC500 Serasa Kado, Andrea Dovizioso Geber Audi 5 Hours Jalan Santai, Tips Tubuh Bugar Untuk Jalankan Amanah Sebagai Pemimpin 5 Hours Tak Banyak yang Tahu, Ini Rahasia Tersenyum Dengan Mata Saat pakai Masker 5 Hours Ngaku Bandel, Nikita Willy Pernah Tinggalkan Syuting Demi Party 5 Hours Pusar Bau Tidak Sedap, Awas Tanda Penyakit Kista 5 Hours Duh, Jumlah Virus Corona yang Dibawa Orang Tanpa Gejala Tinggi Banget

Terkini

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS