facebook

Sering Diserang Rasa Cemas, Ini Sejumlah Langkah untuk Mengatasinya

Sering Diserang Rasa Cemas, Ini Sejumlah Langkah untuk Mengatasinya

KLIKPOSITIF - Anda pernah mengalami rasa cemas yang berlebihan? Rasa cemas merupakan respon tubuh terhadap stres. Emosi ini ditandai dengan perasaan tidak nyaman, rasa takut, atau gelisah.

Perasaan cemas akan berlalu setelah kondisi yang memicunya hilang. Perasaan cemas berlebih bisa membuat Anda sulit berkonsentrasi dan menjalankan aktivitas. Rasa cemas tak selalu memberikan dampak yang buruk, ada kalanya perasaan ini malah mendorong Anda untuk segera menyelesaikan masalah. Berikut sejumlah langkah untuk mengatasi kecemasan:

Napas panjang

Langkah pertama mengatasi rasa cemas adalah dengan mengambil napas panjang. Cara sederhana ini dapat membantu tubuh Anda mengaktifkan respons relaksasi tubuh, sehingga stres dan kecemasan yang Anda rasakan dapat berkurang. Anda hanya perlu menarik nafas panjang melalui hidung, kemudian menahannya selama beberapa detik. Lalu, hembuskan napas melalui mulut secara perlahan. Latihan pernapasan ini juga bisa Anda praktikkan setiap hari untuk membantu melepaskan pikiran yang mengganggu.

Terkini