alexametrics

Cara Memilih Ban Mobil Terbaik dan Kapan Perlu Diganti

Cara Memilih Ban Mobil Terbaik dan Kapan Perlu Diganti

Kini ban mobil semakin ditingkatkan performanya demi alasan keamanan dan keselamatan penumpangnya saat berkendara. Oleh karena itu, memilih merek ban mobil terbaik merupakan satu hal keharusan untuk dilakukan. 

Kamu pasti paham bahwa ban sangat memengaruhi performa kendaraan. Berbagai merek ban pun sudah sejak lama berlomba-lomba untuk memproduksi ban dengan spesifikasi tertentu.

Jangan sampai biaya untuk merawat ata memperbaiki mobilmu justru menguras tabungan. Manfaatkan asuransi mobil syariah agar kamu terjamin dari mahalnya tagihan perbaikan di bengkel. Asuransi mobil syariah memberimu jaminan ganti rugi dengan tetap mengedepankan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan syariat.

Produsen ban di Indonesia misalnya, mulai memproduksi ban yang juga bertujuan untuk meningkatkan fungsi pengereman, peredam guncangan, memperbaiki fungsi setir mobil, sampai menjadi penopang seluruh beban yang ada pada mobil. 

Dari sejumlah fungsi ban yang disebutkan tadi, kamu jadi tahu apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih ban, yang mana mereka tidak boleh sembarangan. Berikut ini adalah tips jika kamu hendak membeli ban baru!

Tips memilih ban mobil terbaik Kapan ban mobil perlu diganti?Jangan lupakan perlindungan finansial dari asuransi mobilPertanyaan seputar ban mobil terbaik Tips memilih ban mobil terbaik 

Ada berbagai merk ban mobil terbaik di dunia. Saat kamu memilih ban, kamu harus lebih teliti supaya biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum membeli ban, antara lain:

Pilih yang sesuai dengan tipe mobil 

Setiap mobil punya tipe dan ukuran bawaan ban. Tipe ban itu juga tertulis pada bagian plakat laci atau pintu mobil, tergantung jenisnya. Rekomendasi bawaan pabrik umumnya bisa jadi patokan supaya ban yang dibeli cocok.

Di buku petunjuk penggunaan mobil, kamu bisa menemukan informasi tertulis tipe dan ukuran ban dalam kombinasi kode khusus. 

Misalnya kalau ada ban dengan kode P215/55R17 93V, huruf ‘P’ ini adalah kode yang berarti Passenger alias penumpang. Artinya mobil didesain untuk mengangkut orang atau penumpang. 

Jadi jika kamu mencari ban mobil terbaik untuk Avanza misalnya, maka cari tahu dulu informasi mengenai ukuran ban yang sesuai dengan mobil. 

Sesuaikan juga ukurannya 

Selain harus sesuai dengan tipe mobil, syarat paling penting dalam memilih ban adalah soal ukurannya. Sebagai pemilik mobil, kamu harus paham tentang hal ini. Setiap ban juga biasanya juga disertai beberapa kode di samping yang merupakan informasi ukuran ban. 

... KLIK UNTUK BACA SELENGKAPNYA →

Terkini