alexametrics

Biaya Ganti Plat Mobil Tanpa Calo, Syarat dan Prosedurnya

Biaya Ganti Plat Mobil Tanpa Calo, Syarat dan Prosedurnya

Biaya ganti plat mobil harus selalu disiapkan setiap lima tahun sekali. Plat mobil atau plat nomor kendaraan sendiri merupakan identitas sekaligus pembeda satu mobil dengan mobil lainnya. 

Namun, jaraknya yang cukup lama terkadang membuat sebagian orang lupa dengan kewajiban membayar biaya ganti plat nomor mobil ini. Padahal, hal ini wajib dilakukan untuk mempermudah proses administrasi kendaraan dalam berbagai hal, salah satunya adalah perpajakan. 

Lantas, jika sudah tiba waktunya, berapa biaya ganti plat mobil yang harus dibayar? Apa saja persyaratan dan bagaimana cara membayarnya?

Nah, untuk mengetahuinya lebih jauh, simak penjelasan berikut ini, ya!

Biaya ganti plat mobil 2021Biaya ganti plat dan balik nama mobilSyarat ganti plat mobilLangkah – langkah ganti plat mobilTotal harga ganti plat mobil dan perpanjang STNK 5 tahunanCari tahu asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanPertanyaan seputar biaya ganti plat mobil  Biaya ganti plat mobil 2021

Sebenarnya, biaya ganti plat nomor mobil 2021 dan tahun-tahun sebelumnya sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari Kepolisian Negara Republik Indonesia. 

Selain membayar pajak kendaraan tepat waktu, sebaiknya kamu juga memberikan perlindungan terhadap mobil kamu dari resiko finansial akibat kecelakaan dengan asuransi mobil terbaik. Dapatkan asuransi mobil termurah dengan diskon hingga 20% di Lifepal!

Adapun biaya ganti plat mobil saat ini adalah Rp100.000. Namun, ada pula biaya lainnya seperti biaya penerbitan STNK dan biaya pengesahan STNK serta Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ). Berikut detail biaya ganti plat mobil 2021. 

Jenis pajak/biaya Nominal Biaya cetak plat mobil baru Rp100 ribu Biaya penerbitan STNK mobil Rp200 ribu Biaya pengesahan STNK Rp50 ribu SWDKLLJ Rp143 ribu

Meskipun biaya ganti plat mobil 5 tahunan 2021 saat  ini tidak terlalu besar, tetapi pada dasarnya penting melakukan penggantian plat mobil setiap lima tahun sekali. Biasanya, penggantian plat mobil ini juga sekaligus melakukan perpanjangan STNK. 

Biaya ganti plat dan balik nama mobil

Jika kamu ingin melakukan ganti plat sekaligus balik nama mobil, ini artinya biaya yang akan dikeluarkan lebih besar. Untuk biaya ganti nopol mobil sendiri, sekitar Rp350.000 yang detailnya sudah dijelaskan di atas. 

Lalu bagaimana dengan biaya balik nama mobil? Dilansir dari Kompas, biaya balik nama mobil sendiri terdiri dari biaya-biaya sebagai berikut. 

Jenis pajak/biaya Nominal Biaya penerbitan STNK baru Rp200.000  Biaya penerbitan BPKB baru Rp375.000 Biaya penerbitan TNKB Rp100.000 atau lebih Biaya cek fisik mobil Rp25.000  Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB) 1 persen dari harga beli mobil Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ) Rp143.000

Itulah daftar biaya ganti plat mobil sekaligus balik nama mobil yang harus kamu siapkan. Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan sebelum datang ke kantor Samsat.

... KLIK UNTUK BACA SELENGKAPNYA →

Terkini