alexametrics

Seluruh Kepala Sekolah dan Guru Diminta Maksimalkan Capaian Vaksinasi Siswa

Seluruh Kepala Sekolah dan Guru Diminta Maksimalkan Capaian Vaksinasi Siswa

 Seluruh kepala sekolah dan guru SMA maupun SLB yang kewenangannya di bawah Pemerintah Aceh diminta terus memaksimalkan capaian vaksinasi siswa. Diharapkan akhir tahun ini Aceh memperoleh capaian yang signifikan.

“Jangan lupa mengevaluasi terhadap kinerja selama ini agar upaya yang akan kita lakukan ke depan bisa lebih baik lagi,” ujar Sekda Aceh Taqwallah secara virtual kepada seluruh warga sekolah usai mengikuti zikir dan doa di Kantor UPTD Mekanisasi Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, di DesaAneuk Glee, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar, Senin, 6 Desember 2021.

Sekda Aceh menyapa secara virtual sejumlah guru dan murid dari Sekolah Luar Biasa (SLB) di berbagai kabupaten/kota di Aceh. Di antaranya, SLB Blang Jruen, SLB Negeri Simeulue, SLBN Semadam, SLB Terpadu Bireuen, SLB Vokasional Muhammadiyah Bireuen, dan SLB Kota Langsa.

Zikir dan doa untuk keselamatan pandemi yang digelar secara rutin oleh Pemerintah Aceh juga diikuti secara virtual oleh ASN Pemerintah di seluruh SKPA beserta UPTD di kabupaten/kota, seluruh guru SMA di Aceh, dan seluruh pegawai BUMD seperti Bank Aceh dan PT PEMA. Setidaknya lebih dari 800 partisipan virtual yang ikut pada Senin (6/12). Tiap partisipan diisi 5 sampai 10 peserta.

Dahlan, salah seorang wali murid di Aceh Besar berharap Pemerintah Aceh dan kabupaten/kota juga menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat sampai ke desa-desa pedalaman tentang pentingnya vaksinasi dan tetap disiplin protokol kesehatan.

“Selain kepada warga sekolah, perlu ditingkatkan juga sosialisasi untuk seluruh wali murid dengan melibatkan kepala desa, tokoh masyarakat, ulama, dan pihak Dinas Kesehatan. Sehingga dari hari ke hari akan semakin banyak wali murid dan juga anaknya yang mau ikut vaksinasi,” ujar Dahlan.

Sementara itu, Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Aceh, Muhammad Iswanto, mengatakan sebanyak 123 orang disuntik vaksin Covid-19 di Banda Aceh Convention Hall (BACH), Senin (6/12). Sebanyak 51 orang disuntik vaksin dosis 1 dan 71 lainnya dosis 2. Satu lainnya dosis 3 atau booster.

Dengan penambahan itu, kini tercatat sebanyak 88.297 orang yang telah divaksin dalam gelaran vaksinasi massal yang dilaksanakan Pemerintah Aceh itu.

Iswanto menyebut antusiasme masyarakat disuntik vaksin masih tinggi. Hal itu menandai bahwa masyarakat percaya adanya Covid-19. Salah satu ikhtiar memutuskan mata rantai covid adalah dengan cara vaksinasi.

“Saat ini masyarakat Aceh patut bersyukur. Angka kasus positif harian terus berkurang. Demikian juga dengan angka kematian. Semua itu karena disiplin masyarakat yang terus meningkat dan mereka yang mengikuti vaksinasi Covid-19 juga semakin banyak,” ujarnya.

Selain pentingnya vaksinasi, masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan secara maksimal dengan membiasakan 5M dalam kehidupan sehari-hari untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 5M dimaksud ialah Memakai masker dan Menjaga jarak, sering Mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, Menghindari kerumunan, dan Mengurangi mobilitas atau bepergian, kecuali untuk keperluan sangat mendesak.[](Irm/*)

Terkini