alexametrics

Pemkot Pekanbaru Tancap Gas kejar capaian Vaksinasi bagi Lansia

Pemkot Pekanbaru Tancap Gas kejar capaian Vaksinasi bagi Lansia

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru mengoperasikan lima unit bus vaksinasi untuk mengejar target vaksinasi bagi masyarakat lanjut usia atau lansia. 

Petugas menyiapkan vaksin jenis Pfizer untuk vaksin dosis pertama. Lalu, vaksin jenis coronavac dan moderna untuk vaksin dosis kedua. Diprioritaskan bagi masyarakat lansia. Syaratnya hanya membawa KTP. 

Masyarakat bisa mengakses layanan vaksinasi secara bergantian, di halaman Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani, Jalan Garuda Sakti, Kota Pekanbaru.

"Kita kembali menghadirkan bus vaksinasi keliling di RSD Madani karena melihat antusias masyarakat Kamis kemarin cukup tinggi," kata Kordinator Bus Vaksinasi Keliling Kota Pekanbaru, Khairunnas, Jumat (15/10). 

Terpisah sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, bahwa capaian vaksinasi bagi masyarakat di Kota Pekanbaru sudah melebihi capaian target vaksinasi dari jumlah penduduk 70 persen.

Jumlah capaian vaksinasi 72 persen untuk dosis pertama. Namun, untuk capaian vaksinasi bagi lansia di Kota Pekanbaru, baru mencapai 32 persen.

Mimi Yuliani Nazir mengungkapkan, saat ini Pemkot Pekanbaru telah menjalani vaksinasi bekerjasama dengan TNI/Polri dan juga organisasi lainnya. 

Sehingga target capaian vaksinasi bagi masyarakat bisa melebihi target. Sedangkan untuk vaksinasi bagi lansia sedang digesa.

“Untuk Pekanbaru capaian vaksinasinya dosis pertama sudah mencapai 72 persen, tapi untuk lansianya baru 32 persen. Karena itu sekarang dari pihak Pemkot sedang menggesa capaian vaksinasi bagi lansia 60 persen," ujar Mimi. 

Untuk Kabupaten Kota yang lain, Mimi mengimbau agar bisa menggesa capaian vaksinasi, dengan melibatkan stakholder lainnya.

"Capaian vaksinasi di daerah masih rendah, seperti Inhil masih 23 persen, Kampar juga rendah baru 24 persen. Daerah lainnya rata-rata diatas 30 persen,” tandas Mimi.

Terkini