Liburan ke Bogor, Yuk Cicipi Bika Bogor!

Ririn Indriani
Liburan ke Bogor, Yuk Cicipi Bika Bogor!
Bika Bogor yang terbuat dari talas dan ubi.

Bika Bogor yang lezat ini terbuat dari talas dan ubi asli lho!

Suara.com - Bogor memang terkenal dengan ragam kulinernya yang lezat. Tak heran bila Kota Hujan ini menjadi salah satu destinasi favorit untuk wisata kuliner.

Nah, berbicara soal kuliner, ada camilan baru nih yang wajib dicoba, namanya Bika Bogor. Kue basah ini sepintas mirip Bika Ambon, tapi bedanya Bika Bogor dibuat dari talas dan ubi.

Bila Anda penasaran ingin merasakan kue ini bisa mengunjungi Bika Bogor Talubi di Jalan Raya Gadog sebelah Vimala Hills (Puncak-Bogor). "Hasil panen talas dan ubi yang melimpah di Bogor membuat kami berinovasi untuk bikin kue bika khas Bogor yang dibuat dari dua bahan baku tersebut," ujar Public relation Bika Bogor, Ellen Sunaryo.

Nama Talubi itu sendiri, lanjut dia, kepanjangan dari talas dan ubi asli yang merupakan bahan baku dari kue-kue yang dihasilkannya.

Ellen mengatakan bahwa Bika Bogor Talubi memang berbeda dengan bika yang biasa dikenal Bika Ambon dari Medan, Sumatera Utara. Bika Ambon, sambung dia, umumnya terbuat dari daun jeruk, serbuk kunyit, serei dan biasanya full tepung. Inilah yang membuat Bika Ambon mempunyai aroma dan rasa yang khas.

Boston Brownie “Brownies Ketan Hitam Talas".
Boston Brownie “Brownies Ketan Hitam Talas".

"Tapi ada pula yang tidak menyukai Bika Ambon. Oleh karena itu Bika Bogor Talubi hadir dengan ciri khas berbeda tidak menggunakan bahan tersebut, melainkan berbahan dasar talas dan ubi. Sehingga Bika Bogor ini mempunyai tekstur yang lembut saat dikonsumsi dan tidak membuat enek bila dimakan jumlah banyak," terang Ellen.

Perlu diketahui pula bahwa Bika Bogor Talubi, menurut Ellen, tidak menggunakan bahan pengawet sehingga hanya bertahan empat hari dari masa produksi.

"Untuk Varian rasa Bika Bogor ada empat Bika Bogor Talas, Bika Bogor Ubi Madu, Bika Bogor Cocopandan, Bika Bogor Nangka," jelasnya.

Selain Bika Bogor Talubi, Bika Bogor juga hadir dengan berbagai inovasi yang kreatif, seperti Lapis Talubi Original, Lapis Talubi Cokelat, Lapis Talubi Green Tea, Brownies Kukus Talas, New York Style “Banana Cheese Cake”, Pillsbury “Banana Cake”, Boston Brownie “Brownies Ketan Hitam Talas” dan oleh oleh khas Bogor lainnya.

Selain di Jalan Raya Gadog, outlet Bika Bogor ini ada pula di Jalan Padjajaran 20 M Bogor, Jalan Sholeh Iskandar No 18 B Bogor, dan Jalan Suryakencana No 278 Bogor. Jadi, kalau jalan-jalan atau liburan ke Bogor, jangan lupa beli oleh-oleh Bika Bogor ya!

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS