Tingkatkan Inklusi Keuangan Digital, OneAcademy Luncurkan DealShaker.ID

Iwan Supriyatna
Tingkatkan Inklusi Keuangan Digital, OneAcademy Luncurkan DealShaker.ID
Founder dan CEO OneAcademy Indonesia Sulistya Putra. (Dokumen: OneAcademy Indonesia)

Indonesia masih tertinggal jauh dalam hal ekonomi digital.

Suara.com - Seiring dengan perubahan pola perilaku pasar atau shifting market global dari konvensional ke digital menjadi peluang sekaligus tantangan bagi sebagian besar pelaku industri dalam negeri.

Menurut data yang dirilis IMD Digital World Competitiveness Ranking 2018 dari hasil survey sebanyak 63 negara, Indonesia menempati peringkat ke 62 atau berada di posisi kedua terakhir setelah Venezuela terkait implementasi industri 4.0, atau dengan kata lain tertinggal jauh dalam hal ekonomi digital.

Hal tersebut tentunya menjadi tantangan yang tak hanya bagi pihak pemerintah, melainkan para pelaku ekonomi untuk dapat mengejar ketertinggalan tersebut.

Berangkat dari hal tersebut, OneAcademy Indonesia yang merupakan lembaga edukasi digital economi menghadirkan platform DealShaker.ID.

Founder dan CEO OneAcademy Indonesia Sulistya Putra mengatakan, DealShaker.ID berbeda dengan ecommerce lain karena akan mendukung promosi produk-produk Indonesia ke mancanegara dan mendukung para produsen Indonesia termasuk UMKM untuk memasarkan produk-produk Indonesia ke jaringan DealShaker.ID di 194 negara.

"Kita balik Indonesia sebagai negara produsen dan pemain pasar global, bukan sekedar jadi pasar konsumen. 

Hadirnya DealShaker.ID akan membantu pemerintah meningkatkan inklusi digital dan inklusi keuangan dari 25 persen jadi 75 persen. Ini artinya akan semakin banyak rakyat Indonesia mendapat akses jasa keuangan dan perdagangan dengan solusi digital. Hal ini akan meningkatkan kesejahteraan rakyat dan ketahanan ekonomi nasional secara signifikan," ungkap Sulistya dalam keterangannya, Kamis (21/2/2019).

Bersamaan dengan launching DealShaker.ID, turut pula digelar kegiatan Digital Transformation Workshop berjudul "Digital Business Strategy and Ecommerce Revolution" serta penandatanganan kerjasama proyek-proyek DealShaker.ID senilai lebih dari Rp 1 triliun.

Proyek tersebut meliputi HTI Aceh seluas 106 ribu hektare, perkebunan kelapa sawit di Morowali Sulawesi Tengah 10.776 hektare, One Eco Resort Manado 50 hektare Sertifikat Hak Milik.

Pada acara tersebut diadakan pameran DealShaker Mini Expo Jakarta yang diikuti oleh para mitra merchant DealShaker Indonesia.

Berbagai produk menarik dipasarkan meliputi kerajinan tangan karya UKM Indonesia, fashion unik, herbal Indonesia, kain tenun asli Flores, suvenir Bali, kopi sarang walet, penghemat BBM, produk kosmetik, hingga properti.

Semuanya dapat dibeli tanpa uang tunai melainkan via HP dengan voucher digital ONE yang anti inflasi. Saat ini DealShaker.ID memiliki 96.000 merchant lebih. Target tahun ini mencapai lebih dari 100.000 merchant.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS