Sosialisasi Pelayanan Rujukan BPJS, RS Siloam Diskusi Bareng Dokter FKTP

M. Reza Sulaiman
Sosialisasi Pelayanan Rujukan BPJS, RS Siloam Diskusi Bareng Dokter FKTP
RS Siloam Manado melakukan sosialisasi pelayanan rujukan BPJS kepada dokter FKTP di Manado, Senin (26/2/2019). (Dok. Siloam)

RS Siloam Manado berbagi pengalaman tentang pelayanan rujukan pasien BPJS dengan para dokter FKTP di Manado.

Suara.com - Pelayanan kesehatan di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mengalami perubahan, terutama dalam sistem pelayanan rujukan peserta BPJS Kesehatan.

Di era JKN, pasien BPJS Kesehatan tak bisa langsung berobat ke rumah sakit rujukan, namun berobat di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) seperti Puskesmas dan klinik.

Menyadari masih ada kurangnya pemahaman soal sistem rujukan BPJS, RS Siloam Manado berbagi pengalaman tentang pelayanan rujukan pasien BPJS dengan para dokter FKTP di Manado. Kegiatan ini dibuka oleh Head Division Business Development, Magdalena Molenar.

Magda menjelaskan, berbagi pengalaman itu diharapkan bisa memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat terutama para pasien BPJS sehingga makin paham bagaimana caranya menggunakan rujukan online. 

Sementara itu Direktur RS Siloam, dr. Abraham Talumewo, MHSM mengatakan, kegiatan dimaksudkan untuk melakukan sosialisasi sekaligus berbagi pengalaman dan pengetahuan terbaru tentang layanan rujukan BPJS, sehingga para dokter bisa menerapkannya kepada para pasien.

"Melalui pertemuan ini diharapkan bisa membuat masyarakat terutama para pasien BPJS bisa terbantu dan dapat berobat dengan mudah tanpa ada keluhan," kata dokter Abraham di Manado, dalam siaran pers yang diterima Suara.com.

Sementara itu Case Manajer BPJS RS Siloam Manado, dr. Frico Talumewo, dalam penjelasannya mengatakan, sebagai rumah sakit tipe B, RS Siloam tetap patuh dan mengacu pada aturan tentang BPJS kesehatan yang ditetapkan dan berlaku di seluruh Indonesia.

RS Siloam Manado melakukan sosialisasi pelayanan rujukan BPJS kepada dokter FKTP di Manado, Senin (26/2/2019). (Dok. Siloam)
RS Siloam Manado melakukan sosialisasi pelayanan rujukan BPJS kepada dokter FKTP di Manado, Senin (26/2/2019). (Dok. Siloam)

"Kami menyampaikan bagaimana teknis rujukan pasien dari FKTP ke rumah sakit tipe C lalu ke B, bagaimana dan apa saja yang harus dilakukan pasien, terutama rujukan dalam jaringan atau online, di mana pasien bisa mengikuti cara-cara yang sudah ditetapkan dan dapat dengan mudah mengikutinya sehingga dapat menerima layanan BPJS," ujar dokter Frico.

Di era JKN sekarang, masa rujukan online mempermudah pasien rujukan tipe B, tidak ke sana ke mari, semua lewat online lewat web BPJS, trik-trik pemeriksaan apa, sub spesialisasi apa yang bisa langsung dari dokter ke tipe B, tanpa melewati lainnya, pilih opsi tertentu pasien bisa langsung keluar Siloam, tanpa perlu tipe C dan D.

"Ada sarana-sarana yang hanya ada di Siloam seperti MRI dan lainnya misalnya tanpa harus lewat tipe di bawahnya, dan di sini spesialisasi yang bisa langsung di siloam," katanya.

Dia juga menegaskan, dalam pelayanan BPJS, Siloam sama sekali tidak membeda-bedakan pelayanan semua pasien dilayani sama, dan tidak ada perbedaan. Asalkan semua ikut aturan bisa sampai ke tipe A, sebab Siloam mendukung program pemerintah untuk melayani seluruh masyarakat termasuk BPJS, untuk rujukan Tipe B sesuai ketentuan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS