Chairmans Challenge 2019, Siapkan Komunitas Tangguh Siaga Bencana

M. Reza Sulaiman | Risna Halidi
Chairmans Challenge 2019, Siapkan Komunitas Tangguh Siaga Bencana
Chairman’s Challenge 2019 bantu komunitas siaga hadapi banjir. (Dok. Prudential)

Chairmans Challenge 2019 mengembangkan konsep Desa Siaga Bencana untuk Indonesia di dua wilayah yang rentan terkena bencana banjir, yaitu Desa Cijayanti dan Kampung Sawah.

Suara.com - Chairman’s Challenge 2019, Siapkan Komunitas Tangguh Siaga Bencana

Prestasi Junior Indonesia (PJI) dan Palang Merah Indonesia (PMI) bersama PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) baru saja melaksanakan acara bertajuk Chairman’s Challenge 2019 dengan mengembangkan konsep Desa Siaga Bencana untuk Indonesia di dua wilayah yang rentan terkena bencana banjir, yaitu Desa Cijayanti dan Kampung Sawah, Desa Leuwinutug, Kabupaten Bogor.

Sejumlah inisiatif dan pembangunan infrastruktur dilaksanakan secara gotongroyong selama lima minggu oleh lebih dari 550 PRUVolunteers (karyawan Prudential Indonesia) bersama komunitas setempat untuk meminimalkan dampak bencana banjir.

Kegiatan ditutup dengan peresmian renovasi jembatan gantung sepanjang 50 meter sebagai akses penghubung antar desa yang sangat penting bagi masyarakat setempat.

"Tahun ini Prudential Indonesia menjawab tantangan Chairman’s Challenge dengan memberdayakan komunitas di Desa Cijayanti dan Desa Leuwinutug, Bogor, yang secara geografis terletak dekat dengan aliran sungai sehingga sering terdampak banjir. Melalui serangkaian kegiatan yang kami lakukan selama lima minggu, Chairman’s Challenge tahun ini berhasil memberikan dampak positif kepada 2.844 kepala keluarga (9.933 orang) di kedua wilayah tersebut," kata Sharia, Government Relations & Community Investment Director Prudential Indonesia, Nini Sumohandoyo dari rilis yang diterima Suara.com, Senin, (14/10/2019).

Nini menambahkan, kehadiran Desa Siaga Bencana merupakan perwujudan dan komitmen bersama dalam membangun komunitas dan generasi penerus yang lebih tangguh dan siap menghadapi bencana.

Indonesia sendiri terletak di wilayah rawan bencana alam, terutama bencana hidrometrologi seperti banjir. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dalam 10 tahun terakhir, banjir adalah bencana yang paling sering terjadi setelah puting beliung. Pada 2017 lalu tercatat terjadi banjir hingga 979 kali.

Chairman’s Challenge 2019 bantu komunitas siaga hadapi banjir. (Dok. Prudential)
Chairman’s Challenge 2019 bantu komunitas siaga hadapi banjir. (Dok. Prudential)

Bencana inilah yang kerap terjadi di Pulau Jawa, termasuk provinsi Jawa Barat yang menempati urutan ketiga tertinggi kejadian banjir dengan jumlah rata-rata 84,9 kali sepanjang 2019.

Bahkan sepanjang 2019 ini saja, Desa Leuwinutug dan Desa Cijayanti terhitung telah mengalami tiga kali bencana banjir. Di Desa Cijayanti, selain masalah banjir yang sudah empat kali merobohkan dan menghanyutkan jembatan, masyarakat juga memiliki kesulitan mengakses air bersih.

"Melalui Chairman’s Challenge 2019, kami harapkan komunitas dapat memanfaatkan seluruh sarana dan prasarana dengan baik dan dapat lebih tanggap untuk saling bekerja sama, kompak dan terkoordinasi dalam menangani dan mengurangi dampak bencana banjir di masa mendatang," tutup Nini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS