alexametrics

Terapkan Kesetaraan Gender, P&G Raih Penghargaan Bergengsi dari Menlu AS

Fabiola Febrinastri
Terapkan Kesetaraan Gender, P&G Raih Penghargaan Bergengsi dari Menlu AS
P&G menerima penghargaan bergengsi dari Biro Ekonomi dan Bisnis, Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS). (Dok : P&G)

Saat ini, lebih dari 60 persen pegawai di P&G Indonesia adalah perempuan.

Suara.com - Procter & Gamble (P&G) baru saja menerima penghargaan bergengsi dari Biro Ekonomi dan Bisnis, Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS), yaitu Penghargaan Korporasi Unggul versi Menteri Luar Negeri AS (Secretary of the State’s Award for Corporate Excellence) 2019, sebagai pemenang kategori Perusahaan Multinasional yang memberdayakan para perempuan dan ekonomi.

Penghargaan ini mengapresiasi kerja keras P&G Asia Pacific dalam memperjuangkan kesetaraan gender melalui penerapan program #WeSeeEqual.

“Kami senang mendapatkan Penghargaan ACE versi Menlu AS, di penghujung tahun 2019 ini. P&G bangga telah berhasil membuat aturan-aturan perusahaan melalui program #WeSeeEqual yang mengedepankan kesetaraan gender, dan mencakup tanggung jawab yang bermakna untuk bisnis dan komunitas di sekeliling kami. Memenangkan penghargaan ini merupakan bukti atas komitmen kami untuk mengupayakan adanya proporsi gender yang merata di setiap level di seluruh wilayah operasional kami," ujar Presiden P&G untuk Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika, Magesvaran Suranjan.

Di Indonesia, P&G telah menerapkan beragam inisiatif dan aturan yang sangat menguntungkan para SDM-nya, baik yang bekerja di pabrik maupun di kantor pusat. Saat ini, lebih dari 60 persen pegawai di P&G Indonesia adalah perempuan, dan mayoritas diantaranya sudah berkeluarga serta merupakan ibu rumah tangga.

Baca Juga: Inilah Para Peraih Penghargaan Indonesia Beauty Award 2019

Pabrik P&G Indonesia yang terletak di Karawang, menyediakan tempat penitipan anak yang unggul serta ruang menyusui yang sangat kondusif bagi ibu-ibu pekerja.

P&G di Indonesia terus berinovasi dalam memberikan benefits yang mengusung kesetaraan gender bagi para pegawainya. Misalnya, hak cuti hamil bagi pekerja perempuan selama 6,5 bulan dan pekerja pria selama 1 bulan, kebijakan yang mengatur proporsi jumlah perempuan pada setiap tingkatan jabatan, kesempatan setara bagi pegawai dalam promosi jabatan, serta transparansi dan integritas untuk mendukung peran perempuan dalam kegiatan operasional perusahaan.

“Penghargaan ini akan memperkuat komitmen perusahaan dalam menyokong pemberdayaan perempuan dan ekonomi, melalui nilai-nilai, strategi, inisiatif, SOP dan aturan yang ada dalam kegiatan operasional perusahaan. P&G percaya bahwa kesejahteraan perempuan pekerja sangatlah penting untuk mendorong ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup mereka, keluarganya dan komunitas di sekelilingnya. Hal ini akan memberikan efek berlipat ganda: adanya pendorong yang tepat akan mampu menciptakan pertumbuhan yang kuat. Force for good, force for growth," ujar Presiden Direktur P&G Indonesia, LV Vaidyanathan.

Tahun 2019 merupakan tahun penyelenggaraan Secretary of the State’s Award for Corporate Excellence yang ke-20. Perhelatan tahunan ini digelar untuk menghargai perusahaan-perusahaan yang dinilai berhasil menjunjung tinggi kesejahteraan para karyawannya, serta bertanggung jawab terhadap komunitas di sekeliling mereka.

Selama beberapa tahun terakhir, P&G Asia & Pacific telah melakukan peran penting dalam kampanye kesetaraan gender di lingkungan bisnis perusahaan, dimana kepemimpinan perempuan di bidang bisnis pada kawasan ini belum mendapatkan dukungan yang merata.

Baca Juga: Ekonomi RI Tumbuh Stagnan, Menkeu Sri Mulyani Justru Terima Penghargaan

P&G percaya bahwa peran perempuan dalam memimpin sektor ekonomi merupakan hal wajib untuk memastikan dinamika pertumbuhan yang berkelanjutan. Kehadiran perempuan dalam kepemimpinan bisnis memberikan variasi ide, solusi dan nilai tambah lain untuk perusahaan.

Komentar