alexametrics

Ajak Siswa Peduli Lingkungan, Sekolah Ini Pilih Gunakan Energi Terbarukan PLTS Atap

Risna Halidi | Dinda Rachmawati
Ajak Siswa Peduli Lingkungan, Sekolah Ini Pilih Gunakan Energi Terbarukan PLTS Atap
Ajak Siswa Peduli Lingkungan, Sekolah Ini Gunakan Energi Terbarukan PLTS Atap (Dok. Global Sevilla School)

Global Sevilla School yang berlokasi di Puri Indah Campus, Jakarta Barat memilih menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap atau PLTS Atap.

Suara.com - Penggunaan sumber energi yang semakin meningkat membuat para ahli terus berinovasi untuk menemukan opsi sumber energi ramah lingkungan yang sangat dibutuhkan sekarang ini. 

Salah satunya adalah Energi Baru Terbarukan (EBT) yang berasal alam yang mampu digunakan dengan bebas, mampu diperbarui terus-menerus serta tak terbatas. 

Demi mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan penggunaan EBT dengan energy mix sebesar 23 persen pada tahun 2025, sebuah sekolah turut berkontribusi dalam penggunaan energi bersih.
 
Global Sevilla School yang berlokasi di Puri Indah Campus, Jakarta Barat saat ini menggunakan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) Atap. 

Bersama Xurya Daya Indonesia, Global Sevilla telah melakukan pemasangan PLTS Atap di salah satu gedung sekolahnya sebesar 15 kWp sejak November 2020. 

Baca Juga: Ini Cara Mengajak Anak Peduli Lingkungan Sejak Dini

Selain mendukung dalam pengembangan EBT, Michael Thia, Superintendent Global Sevilla School mengungkap jika penggunaan PLTS Atap ini juga menjadi sarana edukasi kepada siswa dan orang tua mengenai pemanfaatan sinar matahari sebagai sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan. 

"Ini juga merupakan salah satu bentuk kepedulian kami dalam menjaga kelestarian lingkungan. Ini juga dapat menjadi sarana edukasi kami kepada siswa dan orang tua mengenai pemanfaatan sinar matahari sebagai energi baru yang tidak akan habis dan yang terpenting ramah lingkungan," jelas dia dalam siaran pers yang Suara.com terima.

Langkah yang diambil Global Sevilla merupakan bukti gedung sekolah pun juga dapat mendukung percepatan penggunaan energi baru terbarukan.

Eka Himawan, Managing Director Xurya Daya Indonesia menambahkan, jika penggunaan energi bersih di lingkungan sekolah adalah langkah yang patut dicontoh.

Apalagi, lanjut dia melalui pemasangan PLTS Atap ini, Global Sevilla turut berkontribusi terhadap pengurangan emisi CO2 sebesar 19.745 kg setiap tahunnya. Jumlah CO2 tersebut setara dengan konsumsi 55.168 liter bensin dan perlu menanam 248 pohon untuk mengurangi jumlah CO2 tersebut.

Baca Juga: Peduli Lingkungan, 4 Bintang K-Pop Bersuara Demi Bumi

"Kami berharap, Global Sevilla dapat mengedukasi sekolah lain untuk mulai menggunakan PLTS Atap sebagai energi yang ramah lingkungan," tutup Eka.

Komentar