facebook

Hasil Survei: Hanya 13,4% Generasi Sandwich yang Memiliki Kesiapan Finansial dalam Memenuhi Kebutuhan Pokok

Vania Rossa
Hasil Survei: Hanya 13,4% Generasi Sandwich yang Memiliki Kesiapan Finansial dalam Memenuhi Kebutuhan Pokok
Ilustrasi kesiapan finansial generasi sandwich. (pexels.com/KristinaPaukshtite).

Untuk itulah, Astra Life mendukung adanya literasi keuangan bagi generasi sandwich agar siap mengelola keuangan.

Suara.com - Berdasarkan hasil survei Katadata Insight Center untuk Astra Life tahun 2021 yang melibatkan 1.828 responden berusia 25-45 tahun di seluruh Indonesia, hampir 50% di antara mereka merupakan generasi sandwich. Dan faktanya, hanya 13,4% dari generasi sandwich
tersebut yang memiliki kesiapan finansial dalam memenuhi kebutuhan pokok, menabung, dan berinvestasi di waktu yang bersamaan.

Generasi sandwich merupakan istilah untuk generasi yang menanggung kebutuhan ekonomi banyak pihak. Dan untuk mendukung kesiapan para generasi sandwich ini dalam mengelola keuangan dengan baik, PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) mengadakan #BetterSandwichGen Masterclass yang merupakan rangkaian talk show secara online melalui Instagram Live dan Zoom Webinar.

Sepanjang tahun 2021 lalu, sebanyak 12 sesi Instagram Live dan 11 sesi Zoom Webinar telah diselenggarakan, yang diikuti dengan antusias oleh lebih dari 45.000 orang peserta.

Rangkaian #BetterSandwichGen Masterclass diisi dengan sejumlah influencer dan content creator finansial sebagai pemateri, seperti Felicia Putri, Prita Ghozie, Annisa Steviani, Fellexandro Ruby, Andhika Diskartes, Aliyah Natasya, dan Jonathan End.

Peserta pun mendapatkan inspirasi cara mengelola finansial dengan lebih baik dan bagaimana memaksimalkan potensi diri sebagai bagian dari investasi, serta memahami pentingnya peranan asuransi jiwa dalam mengelola risiko yang bisa terjadi.

Astra Life memahami bahwa tantangan yang dihadapi generasi sandwich tidak hanya terkait finansial, untuk itu Masterclass #BetterSandwichGen juga turut membahas tentang pentingnya well-being untuk seorang generasi sandwich, bahwa untuk membangun masa depan yang cerah, baik untuk diri sendiri dan keluarga, memerlukan mental yang sehat dan juga kuat.

Selain melalui talk show, edukasi untuk para generasi sandwich juga dikemas dalam berbagai konten menarik di seluruh platform komunikasi Astra Life melalui kampanye #BetterSandwichGen.

"Kampanye #BetterSandwichGen merupakan edukasi untuk membantu para generasi sandwich di Indonesia agar lebih melek dan mempersiapkan keuangan dengan baik, untuk diri sendiri maupun keluarga. Kami optimis bahwa kampanye ini dapat turut mendukung peningkatan
literasi finansial sekaligus membangun kesadaran untuk memiliki proteksi. Ke depannya, kami berharap dapat terus menemani langkah masyarakat, terutama generasi sandwich untuk menjalani berbagai tahapan hidup dengan rasa tenang dan aman sekaligus tetap bisa mencintai hidup.” ungkap Windawati Tjahjadi selaku Presiden Direktur Astra Life dalam siaran tertulis resminya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS