facebook

Kisah Sukses Perantau asal Sragen, Raup Keuntungan Berbekal Keahlian Reparasi Ponsel

Vania Rossa
Kisah Sukses Perantau asal Sragen, Raup Keuntungan Berbekal Keahlian Reparasi Ponsel
Agus, Perantau asal Sragen yang Sukses Berbekal Keahlian Reparasi Ponsel. (Dok. Shopee)

Di tengah segala keterbatasan, asalkan ada kemauan, pasti bisa meraih kesuksesan.

Suara.com - Salah satu kunci sukses yang perlu diingat setiap orang adalah jeli melihat berbagai peluang yang ada. Bahkan, di tengah keterbatasan sekalipun, di mana ada kemauan, di situlah kita akan menemukan jalan. Kisah sukses inilah yang  dialami Agus Sunarjoyo, lelaki usia 40 tahun asal Sragen, Jawa Tengah.

Agus merantau bersama adiknya ke ibukota Jakarta sejak 2008. Ia yang sebelumnya bekerja serabutan di kampungnya bercerita jika awal merantau tak banyak modal yang ia miliki. Ia hanya memiliki sebuah ponsel biasa dan keahlian dalam mereparasi berbagai jenis gawai.

Meski begitu, keterbatasan tersebut tak menghalanginya untuk mencari cuan di ibu kota. Pilihan yang diambil Agus dan adiknya saat itu adalah menjalani usaha kios pulsa dan service handphone bernama Arana Phone.

Tentu saja, bukan proses yang mudah menjalani bisnis ini. Agus mengaku sempat kesulitan untuk menjangkau konsumen, mengingat mereka masih terbilang baru. Tapi, semangat untuk memenuhi kebutuhan keluarga di kampung mendorongnya untuk terus memutar otak dan mencari strategi yang tepat.

Pada tahun awal 2022, sembari menjalankan bisnis kios pulsanya, ia memutuskan untuk mengambil peluang baru dengan menjadi Mitra Shopee. Keputusan tersebut didasari oleh kemudahan teknologi dari aplikasi Mitra Shopee dan harga yang bersaing.

“Di Jakarta pastinya persaingannya ketat, dimana-mana ada kios pulsa. Untuk itu, di tahun 2022, saat masyarakat semakin mengandalkan teknologi, kami memantau layanan apa yang bisa dipakai untuk memajukan bisnis kecil kami. Melihat banyak yang menggunakan Mitra Shopee, kami tergerak untuk mencoba dan langsung mengunduh aplikasinya untuk mendaftar. Setelah dibandingkan, harganya cukup terjangkau dan kami bisa mendapat untung lebih dari produk yang kita jual,” ungkap Agus, mengutip siaran tertulis yang diterima Suara.com.

Pandemi yang hadir sejak 2020 memang membawa berbagai dampak bagi masyarakat. Namun, Agus merasakan sebaliknya. Di masa pandemi, banyak orang yang beraktivitas secara online mulai dari bekerja hingga belajar, dan Agus memanfaatkan peluang tersebut.

Bahkan saat Ramadan lalu, Agus bercerita jika permintaan akan produk digital sangat tinggi, di mana dalam sehari ia bisa melayani lebih dari 20 pelanggan.

Menurut Agus, teknologi Mitra Shopee yang simpel dan mudah sangat bisa dimanfaatkan oleh siapapun untuk mendapat penghasilan dengan mudah dan berkah. Kuncinya hanya lebih aktif untuk menjangkau konsumen agar mereka senang menggunakan layanan yang diberikan dan menjadi pelanggan tetap.

Ketulusan dan kebaikan hati tersebut yang selalu disukai oleh pelanggan Agus saat membeli pulsa, paket data, token listrik PLN, hingga bayar internet di kiosnya.

“Untuk bisa bertahan di ibukota dan berjuang bersama untuk keluarga, yang terpenting adalah gigih dan tidak mudah malu dalam menjalani setiap usaha,” tutup Agus.