facebook

Ada Fitur Belanja Bersama di Ecommerce, Belanja Online Bareng Jadi Lebih Seru

Vania Rossa
Ada Fitur Belanja Bersama di Ecommerce, Belanja Online Bareng Jadi Lebih Seru
Ilustrasi Belanja Bersama di Ecommerce. (Dok. Tokopedia)

Meski terpisah jarak dan tak bisa janjian belanja bareng ke mal, kamu tetap bisa belanja online bersama teman dan keluarga di ecommerce kesayangan.

Suara.com - Sebelum pandemi, kita mungkin sering pergi ke mal bersama teman atau keluarga, untuk belanja bersama mereka. Tapi setelah pandemi menghantam, kegiatan menyenangkan ini tak bisa lagi kita lakukan dengan mudah.

Menjawab hal ini, Tokopedia berupaya memberikan jawaban bagi para penggunanya yang tetap ingin merasakan sensasi belanja bareng teman dan keluarga, lewat inovasinya yaitu fitur 'Belanja Bersama'.

Head of Engineering (iOS) Tokopedia, Tonito, mengatakan, “Untuk meningkatkan pengalaman belanja pengguna iOS, kami menghadirkan fitur Belanja Bersama di aplikasi Tokopedia. Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa belanja online bersama kerabat atau rekan terlepas dari jarak yang memisahkan.”

“Sebelum pandemi, kita sering belanja bersama teman atau keluarga di pusat perbelanjaan. Biasanya kita bisa saling menunjukkan atau berdiskusi langsung mengenai produk yang ingin dibeli. Fitur Belanja Bersama kami hadirkan untuk memfasilitasi hal tersebut di ranah online,” imbuh Tonito.

Fitur ini memanfaatkan teknologi SharePlay dari iOS 15.1 atau yang lebih baru, dengan koneksi real time, sehingga pengguna dapat terus berdiskusi dengan rekan atau kerabat saat melihat atau memilih produk di aplikasi Tokopedia.

Cara menggunakan fitur Belanja Bersama sangat mudah dan praktis. Pengguna iOS cukup membuat panggilan melalui FaceTime. Buka layar utama, lalu buka aplikasi Tokopedia, dan klik Mulai SharePlay. Setiap anggota FaceTime dapat memulai SharePlay dan anggota lain bisa diundang untuk bergabung.

Setelah bergabung, masing-masing pengguna bisa mulai mencari produk di Tokopedia dan saling berbagi produk yang mereka suka dengan klik ‘Bagikan’ di panel bawah, dan anggota lainnya akan langsung mendapatkan notifikasi produk yang dibagikan.

Semua anggota dapat membagikan produk yang mereka sukai pada sesi SharePlay sembari berdiskusi. Setelah berdiskusi dan menemukan produk yang disukai, pengguna dapat langsung membeli produk tersebut.

Gimana, tertarik belanja online bareng teman dan keluargamu lewat fitur belanja bersama ini? Pasti tak kalah seru dengan belanja bareng ke mal.