Jokowi Ingin Asian Para Games Jadi Kado Bagi Korban Gempa

Syaiful Rachman | Arief Apriadi
Jokowi Ingin Asian Para Games Jadi Kado Bagi Korban Gempa
Ketua INAPGOC, Raja Sapta Oktohari di GBK Arena, Senayan, Selasa (2/10/2018) [Suara.com/Arief Apriadi]

Asian Para Games 2018 akan digelar 6 hingga 13 Oktober.

Suara.com - Presiden RI Joko Widodo meminta Panitia Pelaksana Asian Para Games 2018 (INAPGOC) untuk mensukseskan pesta olahraga difabel se-Asia ini melebihi perhelatan sebelumnya, yakni Asian Games 2018.

Pernyataan Presiden yang akrab disapa Jokowi itu diungkapkan Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari usai menghadiri rapat terbatas (ratas) Asian Para Games 2018 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Menurut Okto, sapaan akrab Raja Sapta Oktohari, Jokowi meminta perhelatan Asian Para Games 2018 bisa menjadi pelipur lara bagi korban bencana di Lombok maupun Palu. Karenanya, perhelatan akbar ini harus diselenggarakan sebaik mungkin.

“Kesuksesan Asian Para Games, kami diminta Presiden dalam ratas sebagai hadiah bagi korban bencana di Lombok, maupun Palu. Ia (Jokowi) konsen meminta itu kepada kami agar Asian Para Games harus lebih sukses dari Asian Games,” kata Raja Sapta Oktohari kepada wartawan di GBK Arena, Senayan, Selasa (2/10/2018).

Sejauh ini, kata Okto, persiapan Asian Para Games 2018 telah berjalan sesuai rencana. Berbagai persiapan dari venue pertandingan, wisma atlet, transportasi dan lain-lain dinilai telah siap.

"Presiden menggambarkan bahwa narasi tentang Asian Para Games harus tepat, mengingat Indonesia sedang berduka. Tapi, dirinya juga meminta agar kita tetap menjaga keakbaran bahwa Indonesia harus mampu menjadi negara tersukses dalam penyelenggaraan Asian Para Games," ujar Okto.

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PB ISSI itu berjanji bahwa tim kreatif INAPGOC akan menyampaikan pesan belasungkawa yang disematkan dalam Upacara Pembukaan Asian Para Games 2018 yang akan berlangsung pada Sabtu (6/10/2018) mendatang.

"Kami ingin mengajak semua orang terlibat dengan apa yang terjadi di Palu. Tentunya, tim kreatif kami saat ini sedang menggodok idenya, dan mungkin akan melibatkan Momo (maskot APG 2018)," tukasnya.

Asian Para Games 2018 sendiri akan digelar di Jakarta dari 6-13 Oktober 2018. Mempertandingkan 18 cabang olahraga, pesta olahraga difabel terbesar se-Asia ini diikuti hampir tiga ribu atlet dari 43 negara.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS