Jika Somasi Tak Digubris, Roy Seret Kemenpora ke Jalur Hukum

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Jika Somasi Tak Digubris, Roy Seret Kemenpora ke Jalur Hukum
Tigor Simatupang (kiri), kuasa hukum mantan Menpora Roy Suryo, melayangkan somasi kepada Kemenpora, Rabu (3/10/2018). [Suara.com/Arief Apriadi]

Roy Suryo, melalui kuasa hukumnya, resmi melayangkan somasi kepada Kemenpora.

Suara.com - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat nonaktif, Roy Suryo, melalui kuasa hukumnya resmi melayangkan somasi kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Somasi itu terkait tuduhan bahwa Roy Suryo belum mengembalikan barang milik negara (BMN) usai tak lagi menjabat Menpora.

Tigor Simatupang, kuasa hukum Roy Suryo, menyatakan memberikan batas waktu satu minggu dimulai sejak hari ini, Rabu (3/10/3018), kepada Kemenpora untuk menjawab somasi tersebut.

Jika Kemenpora tak kunjung menanggapi atau memberi pembuktian terkait tuduhan mereka kepada kliennya, Tigor menyebut pihaknya tak segan membawa kasus ini ke ranah hukum.

"Mereka cuma berbicara saja di media bahwa Pak Roy Suryo begini begitu, tapi buktinya tidak ada," kata Tigor saat ditemui di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (3/10/2018).

"Kita sudah minta pembuktian sejak lama, tapi belum ada. Jadi kita minta secepatnya (dibuktikan) atau kita bertindak secara hukum," imbuhnya.

Lebih jauh, Tigor juga meminta pihak Kemenpora meminta maaf atas tuduhan yang dinilainya tak berdasar.

Permintaan maaf tersebut secara spesifik ditujukan kepada Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S. Dewa Broto.

"Jadi kami minta Pak Sesmenpora untuk bicara yang jelas, permintaan maaf kepada media semua. Kalau tidak, kami bertindak hukum. Kami minta Sesmenpora bicara di media untuk klarifikasi omongan dia yang tidak bisa dibuktikan," ungkap Tigor.

Untuk diketahui, polemik antara Roy Suryo dengan Kemenpora bermula saat surat Kemenpora yang bernomor 5.2.3/SET.BIII/V/2018 beredar di media sosial.

Dalam surat itu, tertulis adanya permintaan kepada Roy Suryo untuk mengembalikan BMN yang sempat digunakan kala dirinya masih menjabat Menpora.

Total, Kemenpora meminta Roy Suryo mengembalikan 3.226 unit barang senilai miliaran rupiah.

Hal itu dilakukan demi mematuhi amanat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai bentuk inventarisasi agar akuntabilitas pengelolaan BMN Kemenpora dapat dipertanggungjawabkan sesuai undang-undang.

Namun, Roy Suryo sebelumnya bersikeras bahwa dirinya sudah mengembalikan barang milik negara. Karena merasa difitnah, Roy Suryo pun berencana mensomasi Kemenpora.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS