Bukan Prioritas, Tontowi Ahmad Tetap Semangat Gapai Tiket Olimpiade

RR Ukirsari Manggalani | Arief Apriadi
Bukan Prioritas, Tontowi Ahmad Tetap Semangat Gapai Tiket Olimpiade
Kolase foto Tontowi Ahmad dan Winny Oktavina Kandow. [Humas PBSI]

Meski tak lagi berstatus ganda campuran prioritas, Tontowi Ahmad ingin jajal Olimpiade 2020.

Suara.com - Pebulutangkis putra spesialis ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad sudah tak lagi berpasangan dengan Liliyana Natsir yang memutuskan pensiun. Atlet 31 tahun itu kini dipasangkan dengan pebulutangkis muda, Winny Oktavina Kandow.

Bersama Winny Oktavina Kandow, semangat membara Tontowi belumlah padam. Salah satu pebulutangkis putra paling sukses di Indonesia itu masih memiliki ambisi besar untuk lolos ke Olimpiade 2020 Tokyo.

Meski tak lagi menyandang status sebagai pasangan ganda campuran prioritas, Owi (sapaan Tontowi) ingin terlebih dahulu berusaha. Bersama Winny, dirinya ingin tampil konsisten.

"Pasti target saya ke Olimpiade, walaupun tidak diprioritaskan, namun saya mau berusaha dulu," kata Tontowi Ahmad dalam rilis yang diterima Suara.com, Rabu (20/2/2019).

"Saya mau maksimal dari segi latihan dan pertandingan, supaya tidak menyesal kalau saya akhirnya tidak bisa lolos kualifikasi Olimpiade," imbuhnya.

Tontowi sendiri sudah menjalani debut bersama Winny dengan memainkan laga babak pertama Barcelona Spain Masters 2019. Pada turnamen BWF World Tour Super 300 itu, keduanya berhasil meraih kemenangan.

Pebulutangkis putra spesialis ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad (kanan), menjalani latihan bersama rekan-rekannya di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (30/1/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]
Pebulutangkis putra spesialis ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad (kanan), menjalani latihan bersama rekan-rekannya di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (30/1/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

Pasangan senior-junior ini melaju ke babak kedua usai mengalahkan ganda campuran Jerman, Jones Rafly Jansen / Kilasu Ostermeyer. Tak tanggung-tanggung, Owi / Winny menang dua gim langsung dengan skor 21 - 19, 21 - 18.

Meski berhasil menang straight set, Tontowi mengaku belum puas. Pebulutangkis kelahiran Banyumas, Jawa Tengah itu merasa potensinya dan Winny masih bisa lebih ditingkatkan lagi.

"Seharusnya, poin tidak seketat ini, kami masih banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri yang seharusnya tidak perlu, jadi poinnya masih ramai. Masih banyak yang perlu ditingkatkan terutama dari segi kekompakan dan cara bermain," tukas Tontowi.

Barcelona Spain Masters 2019 sendiri mulai berlangsung sejak Selasa (19/2/2019) dan akan berakhir pada 24 Februari 2019. Turnamen berhadiah uang senilai 150 ribu dolar Amerika Serikat (AS) itu digelar di Vall D'Hebron Olympic Sports Centre, Spanyol.

Selain Owi / Winny, Indonesia juga berhasil meloloskan satu wakil ganda campuran melalui pasangan Rinov Rivaldy / Pitha Haningtyas Mentari. Keduanya lolos ke babak kedua setelah mengalahkan wakil Israel, Misha Zilberman / Svetlana Zilberman, dengan skor 21 - 9, 21 - 12.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS