Tak Hanya MotoGP, Indonesia Turut Jadi Tuan Rumah World Superbike 2021

Iwan Supriyatna | Arief Apriadi
Tak Hanya MotoGP, Indonesia Turut Jadi Tuan Rumah World Superbike 2021
Megahnya Sirkuit Mandalika, tuan rumah MotoGP Indonesia 2021. [Instagram/@sea.infra]

Kabar menggembirakan datang untuk para pecinta balap motor Tanah Air.

Suara.com - Kabar menggembirakan datang untuk para pecinta balap motor Tanah Air. Setelah resmi menjadi tuan rumah MotoGP 2021, Indonesia juga dipastikan akan menggelar kejuaraan dunia balap motor kelas dunia lainnya, World Superbike (WorldSBK) di tahun yang sama.

Kepastian itu diungkapkan Dorna Group selaku pemegang ekslusif hak komersial dan penyiaran MotoGP dan WorldSBK melalui laman resmi MotoGP yang diunggah pada Sabtu (23/2/2019).

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta mengatakan, kesepakatan dengan Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) untuk menggelar MotoGP dan WorldSBK akan menjadi proyek yang menarik. Dirinya sangat antusias menyambut kesepakatan ganda tersebut.

"Indonesia adalah pasar utama bagi kami, dengan presentase penggemar balap motor yang ada dan atmosfer MotoGP akan semakin kuat setelah pembangunan sirkuit selesai," ujar Carmelo Ezpeleta dilansir dari laman resmi MotoGP.

"Juga dengan memasukan Lombok ke dalam kalender WorldSBK akan menjadikan kerjasama ini lebih menarik bagi penggemar lokal. Mereka akan memiliki dua event kelas dunia di satu daerah dalam satu tahun," Carmelo menambahkan.

Direktur ITDC, Abdulbar M Mansoer menyambut gembira atas adanya kesepakatan itu.

"Kami sangat antusias menjalin kesepakatan dengan Dorna. Kami juga senang membawa event-event balap motor kelas dunia ke Indonesia dan Mandalika sekaligus," beber Abdulbar.

Sebagaimana diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah salah satu seri MotoGP dan WorldSBK 2021 dengan menggunakan Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sirkuit bertipe jalan raya itu dikabarkan bakal dibangun mulai Oktober 2019, dengan panjang lintasan sekitar 4,3 kilometer.

Hal itu menjadikan Indonesia sebagai satu-satunya tuan rumah MotoGP yang menggunakan sirkuit jalan raya seperti halnya gelaran Formula One (F1) di Singapura dan Monako.

Sebelumnya, gelaran MotoGP dan WorldSBK pada 2021 diharapkan Abdulbar M. Mansoer akan menggerakan roda perekonomian Nusa Tenggara Barat (NTB).

Saat seri MotoGP Mandalika digelar, dirinya mengestimasi akan ada sekitar 100 ribu wisatawan yang datang setiap harinya.

"Satu seri balapan membutuhkan sekitar empat hari, karena ada tahap kualifikasi dan Moto2. Jika ada 100 ribu penonton setiap hari, dan 150 ribu pada hari terakhir balapan, kami bisa memperoleh sekitar 300 ribu pengunjung (ke Mandalika)," tukasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS