Indahnya Mandalika, Kawasan Lombok Selatan yang Siap Gelar Ajang MotoGP

Rully Fauzi | Risna Halidi
Indahnya Mandalika, Kawasan Lombok Selatan yang Siap Gelar Ajang MotoGP
Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, [foto: ITDC]

Mandalika diyakini siap menjadi tuan rumah MotoGP pada musim 2021 mendatang.

Suara.com - Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika tengah berbenah untuk bisa menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di timur Indonesia. 

Dianugerahi keindahan alam yang luar biasa, kawasan yang terletak di selatan pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat tersebut kini sedang mempercantik diri dan masuk ke dalam satu dari program 10 destinasi prioritas wisata Tanah Air.

Di Mandalika, Anda akan disuguhkan pemandangan pantai pasir putih yang cantik, bukit-bukit yang menawan serta pengalaman hotel dan resor yang mewah.

Tapi bukan hanya itu, pengembang juga rupanya berencana membangun arena sirkuit MotoGP yang pembuatannya akan dimulai pada Oktober 2019 mendatang.

Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, [foto: ITDC]
Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, [foto: ITDC]

"Kita mau buat terobosan, buat atraksi kelas dunia. Mereka datang tidak hanya minat tapi juga merasakan pengalaman," ujar Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia, Abdulbar M Mansoer kepada media di Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Untuk membangun sirkuit tersebut, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) bekerjasama dengan perusahaan asal Prancis, Vinci Contruction Grands Projects untuk membangun fasilitas sirkuit jalanan serta mengembangkan kawasan di sekitar sirkuit.

"Ada Vinci sebagai investor utama untuk kawasan 131 haktare (ha) tersebut. Akan ada 10 hotel, convention center. Mereka akan bangun semua (kawasan) dalam waktu 15 tahun," jelasnya.

Nantinya, Sirkuit MotoGP Mandalika akan memiliki panjang 4,32 kilometer dan dikelilingi bukit serta pantai yang cantik

"Sirkuit akan dikelilingi bukit, jadi penonton bisa lihat dari atas bukit. Terutama untuk warga lokal, bisa kita terapkan dengan harga yang lebih murah," terang Abdulbar.

Sirkuit MotoGP Mandalika sendiri disebut-sebut siap digunakan untuk gelaran MotoGP pada musim 2021 mendatang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS