Juarai Seri Perdana F1, Bottas: Ini Balapan Terbaik Sepanjang Karier Saya

Bangun Santoso | Arief Apriadi
Juarai Seri Perdana F1, Bottas: Ini Balapan Terbaik Sepanjang Karier Saya
Pebalap Mercedes Valtteri Bottas merayakan kemenangannya di podium setelah menjadi juara GP Australia 2019 mengalahkan rekan setimnya Lewis Hamilton (kiri) dan pebalap Red Bull Max Verstappen. Asanka Brendon RATNAYAKE / AFP

Valtteri Bottas menjuarai balapan GP Australia 2019 melewati Lewis Hamilton dengan selisih 20,866 detik!

Suara.com - Pebalap Mercedes, Valtteri Bottas, tak bisa menyembunyikan kebahagiaan usai memastikan diri sebagai kampiun seri perdana Formula One atau F1 2019 yang berlangsung di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, Minggu (17/3/2019).

Bottas yang start dari posisi kedua di belakang rekan satu timnya, Lewis Hamilton, menyebut balapan di GP Australia 2019 merupakan kemenangan terbaik sepanjang kariernya di dunia balap jet darat.

Pebalap asal Finlandia itu finis dengan catatan waktu yang sangat mengesankan yakni 1 jam 25,27 menit. Hamilton yang merupakan juara bertahan F1 2018 tak mampu menandingi kecepatan Bottas.

Bahkan, Lewis Hamilton harus puas finis di peringkat kedua dengan selisih waktu yang terbilang sangat jauh yakni 20,866 detik!.

"Saya tidak tahu harus berkata apa. Ini jelas-jelas balapan terbaik yang pernah saya menangkan!," ujar Valtteri Bottas usai finis seperti dilansir laman resmi Formula1.

Dalam praktiknya, Valtteri Bottas mampu tampil konsisten sepanjang balapan. Dari awal hingga akhir, dirinya selalu berhasil mengontrol jalannya balapan meski kebutuhan pit stop beberapa kali membuatnya tersalip.

Bottas yang musim lalu dijuluki sebagai Wingman atau pebalap bayangan Lewis Hamilton, karena kerap kali mengalah saat balapan, mengaku takjub dengan performa jet darat Mercedes F1 W10. Ia mengaku tak tahu pasti kenapa mampu membalap sangat baik kali ini.

"Saya tak tahu (kenapa mampu tampil luar biasa). Mobil W10 terasa sangat mudah untuk dikendalikan," tukas Bottas.

Sementara itu, Lewis Hamilton memuji perjuangan Bottas di atas lintasan. Menurut peraih lima gelar juara dunia F1 itu, Bottas memang pantas meraih kemenangan.

"Valtteri membalap dengan luar biasa dan dia pantas mendapatkannya. Awal yang bagus untuk tim dalam menjalani tahun ini," tukas Hamilton.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS